Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Keunggulan Asuransi Jiwa Dwiguna dan Rekomendasi Produknya

22 Oktober 2024



Beragam jenis asuransi ditawarkan kepada publik. Salah satunya asuransi jiwa dwiguna (endowment). Asuransi ini cukup diminati karena memberikan manfaat Uang Pertanggungan yang dapat diperoleh Tertanggung serta Ahli Waris. Asuransi jiwa dwiguna juga populer karena punya nilai Uang Pertanggungan (UP) yang cukup besar. Bahkan, nilainya bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran Rupiah. Padahal premi yang harus dibayarkan sangatlah terjangkau.

Dalam praktiknya, manfaat asuransi jiwa dwiguna bisa diklaim dalam dua skenario. Pertama, ketika Tertanggung meninggal dunia pada masa pertanggungan sehingga UP diberikan kepada Ahli Waris. Lalu ada 'Manfaat Hidup', yakni manfaat sejumlah dana yang diberikan oleh perusahaan asuransi bila Tertanggung masih hidup hingga akhir masa pertanggungan. 

Dengan skema seperti itu, manfaat asuransi jiwa dwiguna bisa digunakan oleh Ahli Waris untuk pegangan hidup bila Tertanggung meninggal dunia atau digunakan Tertanggung dan keluarga sebagai modal pensiun dari 'Manfaat Hidup' yang didapat setelah masa pertanggungan berakhir. 

Manfaat Asuransi Jiwa Dwiguna

  1. Tertanggung bisa mendapatkan nilai tunai sebelum masa pertanggungan berakhir. Besarnya nilai tunai disesuaikan dengan perjanjian yang dibuat pada awal kesepakatan antara nasabah dengan perusahaan asuransi.
  2. Apabila Tertanggung masih hidup hingga akhir periode Manfaat hidup, premi tidak akan hangus atau hilang. Uang yang selama ini dibayarkan kepada perusahaan asuransi dalam bentuk premi bisa diberikan kembali kepada pemilik polis sesuai dengan perjanjian yang disepakati.
  3. Klaim yang didapat dari 'Manfaat Hidup' bisa digunakan oleh nasabah untuk dana masa depan seperti dana pendidikan anak, dana pensiun, atau untuk kebutuhan lainnya. 


Rekomendasi Produk
Sequis memiliki suransi jiwa dwiguna yang bisa Anda pertimbangkan. Salah satunya Asuransi Millenium Gold Plus dengan mata uang US Dollar. Berikut ini beberapa keunggulan produk tersebut: 

Keunggulan

  1. Premi yang sudah dibayar akan diakumulasi menjadi kekayaan yang dibayarkan dalam bentuk Manfaat Hidup
  2. Manfaat hidup berupa pengembalian premi sebesar 112% pada 2 tahun sebelum masa pertanggungan berakhir 
  3. Masa pertanggungan yang panjang yaitu 9 tahun dan masa pembayaran premi yang singkat yaitu 3 tahun
  4. Proses seleksi Underwriting yang mudah tanpa pemeriksaan kesehatan (berlaku untuk nilai UP dan usia tertentu)

Ilustrasi Manfaat Asuransi Millenium Gold Plus (US Dollar)

  • Apabila Tertanggung meninggal dunia karena Kecelakaan dalam periode 2 (dua) tahun pertama Polis, maka akan dibayarkan manfaat 100% Uang Pertanggungan dan selanjutnya Pertanggungan berakhir.
  • Apabila Tertanggung meninggal dunia bukan karena Kecelakaan dalam periode 2 (dua) tahun pertama Polis, maka akan dibayarkan manfaat 100% dari Premi yang telah dibayarkan dan selanjutnya Pertanggungan berakhir.
  • Apabila Tertanggung meninggal dunia karena sebab apapun setelah periode 2 (dua) tahun pertama Polis sampai dengan berakhirnya masa pertanggungan, maka akan dibayarkan manfaat 100% Uang Pertanggungan dan selanjutnya Pertanggungan berakhir.

Manfaat Hidup
Apabila Tertanggung hidup hingga akhir periode Manfaat Hidup, yaitu 2 (dua) tahun sebelum Masa Pertanggungan berakhir maka akan dibayarkan Manfaat Hidup 112% dari Premi yang telah dibayarkan.

*Manfaat Hidup = Masa Pembayaran Premi x Premi Tahunan x 112%

Contoh Skenario Manfaat Asuransi Millenium Gold Plus (US Dollar)
Bapak Adi (Tertanggung) berusia 30 tahun membeli Asuransi Millenium Gold Plus dengan Masa Pembayaran Premi 3 tahun dan masa pertanggungan 9 tahun.

Premi Tahunan yang diambil : USD10.000,00
Uang Pertanggungan : USD35.000 (350% x USD10.000,00)

  • Apabila Bapak Adi meninggal dunia karena Kecelakaan dalam periode 2 (dua) tahun pertama Polis, Sequis akan membayarkan manfaat 100% Uang Pertanggungan sebesar USD35.000,00 dan selanjutnya Pertanggungan berakhir.
  • Apabila Bapak Adi meninggal dunia bukan karena Kecelakaan dalam periode 2 (dua) tahun pertama Polis, Sequis akan membayarkan manfaat 100% dari Premi yang telah dibayarkan dan selanjutnya Pertanggungan berakhir.
  • Apabila Bapak Adi meninggal dunia karena sebab apapun setelah periode 2 (dua) tahun pertama Polis sampai dengan berakhirnya Masa Pertanggungan Asuransi, Sequis akan membayarkan manfaat 100% Uang Pertanggungan sebesar USD35.000,00 dan selanjutnya Pertanggungan berakhir.
  • Apabila Bapak Adi hidup hingga akhir periode Manfaat Hidup, yaitu 2 (dua) tahun sebelum Masa Pertanggungan Asuransi berakhir maka akan dibayarkan Manfaat Hidup sebesar USD33.600

Masa Pembayaran Premi x Premi Tahunan x 112%
3 x USD10.000 x 112% = USD33.600

Butuh bantuan ?