Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Manfaatkan Uang THR Lebaran untuk Investasi

8 Maret 2024



Idul Fitri adalah salah satu momen spesial untuk umat muslim. Momen penuh fitrah serta hari kemenangan setelah melakukan serangkaian ibadah selama bulan Ramadan. Pada momen ini juga menjadi kesempatan untuk memperkuat tali silaturahmi dengan sanak keluarga.

Baca Juga: Belajar dari Tahun Lalu, Yuk Kelola Finansial saat Ramadan

Selain itu, Lebaran juga identik dengan tunjangan hari raya atau THR.Idealnya, THR digunakan untuk berbagai keperluan seperti kewajiban bayar zakat, belanja keperluan lebaran, serta disisihkan untuk dana darurat dan investasi jangka panjang.Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan berikut ini:

Sisihkan untuk Zakat
Umat muslim yang menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan wajib menyisihkan sebagian hartanya untuk bayar zakat. Bila kewajiban itu sudah terpenuhi, dana THR bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hari raya.

Gunakan Dana THR untuk Kebutuhan Lebaran
Tak ada salahnya menggunakan THR untuk berbelanja kebutuhan lebaran. Tapi ingat, sebaiknya susun dengan saksama daftar barang-barang yang perlu Anda belanjakan. Terutama untuk kebutuhan rutin atau keperluan khusus lebaran. Sebuah cara sederhana yang bisa membantu Anda agar pengeluaran tidak melebihi dana THR.

Baca Juga: Mengatur Finansial Saat Bulan Ramadan

Jangan Lupa untuk Melakukan Investasi Jangka Panjang
Menabung dan berinvestasi memang butuh tekad yang kuat. Jadi, jangan tunda berinvestasi ketika THR sudah didapat. Langsung sisihkan minimal 10 persen dari THR Anda untuk beli emas, berinvestasi reksa dana, atau menambah lot saham yang sudah ada.

Sisihkan Dana THR untuk Asuransi 
Asuransi baik asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, dan asuransi jiwa sangat penting untuk Anda miliki sebelum mudik lebaran. Dengan begitu, Anda bisa berlebaran dengan tenang karena sudah terlindungi.

Butuh bantuan ?