Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Pengertian Dana Pensiun, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

12 Juni 2023



Dalam pengertian sederhana, dana pensiun diartikan sebagai tabungan atau investasi yang dibentuk selama periode kerja seseorang untuk mempersiapkan keuangan setelah pensiun. Nantinya, dana pensiun bakal menjadi sumber pendapatan yang stabil dan memadai saat seseorang berhenti bekerja.

Beberapa jenis dana pensiun di antaranya:
Program Pensiun Pekerja: Kantor/perusahaan/pabrik menawarkan program pensiun pekerja yang ditarik dari dari gaji karyawan dan ditempatkan di rekening pensiun yang terpisah. Penarikan sebagian gaji lalu ditempatkan ke rekening pensiun bakal terus terjadi selama karyawan masih dalam usia bekerja.

Asuransi Dana Pensiun: Seseorang mengumpulkan dana pensiun dengan menempatkan uang ke rekening atau polis pensiun yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi atau lembaga keuangan. Dana ini kemudian diinvestasikan dan dapat ditarik saat mencapai usia pensiun.

Baca Juga
Mitos-mitos Mengenai Dana Pensiun
Anak Muda Harus Segera Siapkan Dana Pensiun
Rekomendasi Jenis Investasi untuk Persiapan Dana Pensiun
Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Dana Pensiun?
Kenapa Asuransi Dana Pensiun Penting? Ketahui Manfaatnya

Rencana Tabungan Pensiun: Ini dilakukan secara mandiri dengan menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditempatkan ke rekening tabungan khusus yang diperuntukkan untuk tujuan pensiun. Dana yang disimpan dalam rekening ini tumbuh secara konsisten dengan bunga atau pengembalian investasi.

Semua skema itu bermuara ke satu tujuan, yakni mengumpulkan dana pensiun yang cukup untuk memenuhi kebutuhan keuangan setelah tak lagi bekerja. Jadi, usahakan untuk berkonsultasi dengan penasihat keuangan atau profesional keuangan yang kompeten agar Anda bisa merencanakan dan mengelola dana pensiun dengan tepat sesuai dengan situasi keuangan dan tujuan individu.

Sequis memiliki dua produk yang bisa Anda manfaatkan untuk merancang finansial saat masa pensiun. Berikut ini kedua produk yang bisa Anda pertimbangkan:

Asuransi Retirement Life Plan
1. Uang Pertanggungan (UP) akan dibayarkan jika Tertanggung meninggal dunia sebelum usia pensiun atau sesudah usia pensiun (berdasarkan plan yang dipilih)
2. Death Terminal Bonus* akan dibayarkan sampai dengan 100% UP (sesuai dengan tabel perhitungan Tahun Polis pada saat kejadian meninggal dunia)
3. Manfaat pensiun 100% dari UP akan dibayarkan apabila Tertanggung bertahan hidup pada usia akhir tahun Polis (berdasarkan plan yang diambil)
4. Manfaat Jatuh Tempo akan dibayarkan yaitu 100% dari UP apabila Tertanggung mencapai usia 100 tahun ditambah Maturity Terminal Bonus** hingga 100% dari UP

Asuransi Sequis Dana Rencana
1. Dirancang sebagai bentuk tabungan untuk kebutuhan dana besar misalnya untuk naik haji maupun persiapan dana pensiun.
2. Bila Tertanggung hidup sampai akhir masa asuransi, maka Manfaat sebesar 100% Uang Pertanggungan Dasar akan dibayarkan.
3. Bila Tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan, maka Manfaat sebesar 200% Uang Pertanggungan Dasar akan dibayarkan. Sedangkan bila Tertanggung meninggal dunia bukan akibat kecelakaan, maka akan dibayarkan Manfaat sebesar 125% Uang Pertanggungan Dasar.
4. Memiliki 4 (empat) fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah yaitu Nilai Tunai, Masa Mempelajari Polis, Fasilitas Pinjaman Polis Otomatis, dan Masa Keleluasaan.

* Bonus yang dibayarkan Penanggung kepada Ahli Waris hanya ketika Tertanggung meninggal dunia
** Bonus yang dibayarkan Penanggung kepada Pemegang Polis hanya jika Tertanggung hidup ketika Masa Pertanggungan Asuransi berakhir

Segera konsultasi dengan agen tepercaya Sequis via layanan Find Agent agar Anda mendapatkan produk asuransi yang tepat untuk merancang masa pensiun.

Butuh bantuan ?