Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Punya Penghasilan Lebih dari 1 Pos? Ini Cara Mengaturnya

21 Maret 2023



Rasanya banyak anak muda hingga orang tua yang masih kebingungan mengelola uang hingga saat ini. Buktinya, banyak orang berani mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan saran tentang mengelola uang dari financial planner.

Sebetulnya, mengatur keuangan (terutama uang dari gaji bulanan) tidaklah sulit. Menjadi rumit bila Anda memiliki lebih dari satu penghasilan rutin tiap bulan. Misal gaji sebagai karyawan kantoran, pendapatan hasil berwirausaha, serta tambahan uang dari pos-pos lainnya.

Bila Anda memiliki lebih dari satu pos pendapatan, ada kok rumus mudah mengatur keuangan yang tepat. Yuk simak dan dipraktikkan bila dirasa cocok dengan gaya hidup Anda

1. Kebaikan
Ingat, ada hak orang-orang yang kurang beruntung dari uang yang Anda terima. Jadi, sisihkanlah setidaknya 5% dari uang pendapatan yang Anda dapatkan tiap bulan untuk keperluan zakat dan sosial. Alokasi ini juga bisa digunakan untuk diberikan kepada orang tua.

2. Dana Darurat dan Asuransi
Hal-hal tidak terduga bisa terjadi kapan saja. Jadi, Anda sudah harus waspada dan menyiapkan perlindungan sejak awal. Ada dua alokasi yang harus Anda isi guna menangkal hal-hal tidak terduga, yakni alokasi dana darurat serta alokasi untuk bayar premi asuransi. Idealnya, 10% dari penghasilan bulanan layak untuk ditempatkan di kedua pos tersebut   

3. Biaya Hidup
Ingat, biaya hidup harus menggunakan uang yang Anda terima dari penghasilan bulanan. Jangan dibantu utang kartu kredit. Dengan begitu, Anda bisa memenuhi kebutuhan hidup menyesuaikan dengan pendapatan. Anda harus menyiapkan dua alokasi untuk pos biaya hidup, yakni sebesar 30% untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan 30% digunakan untuk membayar cicilan/pinjaman.

4. Investasi
Sisihkan 15% dari penghasilan bulanan Anda untuk berinvestasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih, di antaranya investasi emas, pasar modal, hingga reksa dana. Bila tertarik investasi reksa dana, silakan berkunjung ke website Sequis yaitu www.sequis.co.id atau langsung ke halaman berikut Reksa Dana Saham serta Investasi Reksa Dana Pasar Uang.

5. Gaya Hidup
Anda sudah kerja keras dan layak mendapatkan self reward. Gunakanlah 10% dari penghasilan bulanan Anda untuk belanja atau pemenuhan keinginan pribadi. Bisa pula untuk ditabung dan digunakan untuk membeli tiket liburan pada bulan-bulan berikutnya.

Butuh bantuan ?