Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Terhindar dari Problem Klaim, Pahami isi Polis Asuransi Jiwa

16 Maret 2023



Anda berencana membeli asuransi jiwa? Sebelum membelinya, usahakan Anda sudah memahami mengenai fungsi, manfaat, dan kewajiban dari asuransi tersebut. Lalu setelah membeli, manfaatkan waktu Free Look Period untuk mempelajari isi polis. Bila ada data yang salah atau isi polis yang tidak dimengerti, langsung tanyakan kepada agen/tenaga pemasar perusahaan asuransi. Bahkan, nasabah punya hak untuk membatalkan perjanjian bila isi polis dirasa tidak sesuai harapan selama waktu tersebut.

Tidak memahami manfaat, tujuan, hak dan kewajiban, serta isi polis asuransi jiwa bisa menimbulkan kerugian pada masa depan. Bahkan, kelalaian itu bisa membuat nasabah kesulitan ketika klaim atau bahkan klaim bisa tidak dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

Pastikan semua manfaat yang ada dalam polis asuransi jiwa telah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan serta sama seperti yang dijelaskan oleh agen asuransi Anda. Cermati jumlah uang pertanggungan (UP) yang nantinya akan diterima oleh ahli waris, nama ahli waris, jangka waktu pertanggungan yang diberikan perusahaan asuransi, manfaat dari asuransi tambahan bila ada, serta prosedur pengajuan klaimnya.

Selain manfaatnya, pembayaran premi juga mesti Anda perhatikan. Selain itu, simak tentang jangka waktu pembayaran, cara pembayaran, dan berbagai ketentuan lain terkait premi. Anda juga harus mengetahui aturan yang sudah ditetapkan bila telat membayar premi.

Sejumlah biaya lain yang ditetapkan dalam layanan asuransi jiwa juga wajib Anda ketahui. Beberapa biaya di antaranya adalah biaya pemeliharaan, biaya pertanggungan dasar, biaya perubahan alokasi dana investasi, dan lainnya.

Baca Juga
Kenapa Klaim Nasabah Asuransi ada yang Tidak Dibayarkan?
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Klaim Asuransi
4 Langkah Mengajukan Klaim Asuransi Jiwa
Klaim Ditolak, Apa Saja Jenis Penolakan Klaim Asuransi?
Punya Asuransi dan Bisa Langsung Klaim, Cek Produk Sequis

Terakhir, poin yang jarang diperhatikan dalam polis asuransi jiwa adalah ketentuan pengecualian. Ini adalah poin-poin yang membahas mengenai skenario bila klaim mengalami penolakan. Misal, pertanggungan akan dibatalkan bila nasabah tutup usia karena bunuh diri dalam kurun waktu 2 tahun setelah polis diterbitkan, tutup usia karena kejahatan/pembunuhan, dieksekusi mati oleh pengadilan, dan lain sebagainya.

Bila Anda masih ingin tahu lebih dalam, silakan baca ulasan mengenai klaim dan berbagai hal penting mengenai asuransi jiwa melalui www.sequis.co.id. Pada artikel-artikel di situs tersebut, Anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai polis asuransi jiwa dan info penting lain terkait asuransi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencari tahu mengenai produk-produk asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bila ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

 

Butuh bantuan ?