Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Buah yang Direkomendasikan Untuk Buka Puasa

14 April 2023



Buah memiliki beragam kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan kaya akan serat larut yang baik untuk tubuh. Dengan beragam manfaat itu, buah menjadi makanan yang dianjurkan dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi saat buka puasa.

Berikut ini beberapa buah yang bisa menjadi pilihan untuk penderita kolesterol tinggi seperti dilansir Healthline:

Buah beri
Buah ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi sehingga punya manfaat mencegah penyakit jantung dan gangguan kronis lainnya. Oleh karena itu, beri menjadi salah satu pilihan tepat untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi ketika buka puasa.

Alpukat
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Keduanya bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, alpukat secara signifikan dapat mengatur kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL).

Baca Juga
Tips Berolahraga Selama Menjalankan Ibadah Puasa
Beragam Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh
Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Puasa
4 Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa di Tengah Pandemi
Tips Mengatur Finansial Saat Bulan Ramadan

Pisang
Pisang memiliki serat, vitamin, mineral yang diperlukan, serta mengandung gula alami, seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Kalium dan serat dalam pisang baik untuk membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah.

Jeruk
Jeruk menjadi buah pilihan untuk penderita kolesterol tinggi saat buka puasa karena mengandung pektin. Selain itu, buah jeruk kaya vitamin C, serat, dan memiliki kualitas antioksidan yang kuat. Kesemua kandungan jeruk itu berperan untuk menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida yang berbahaya.  

Apel
Apel memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, salah satunya mencegah kolesterol tinggi. Apel juga memiliki kandungan pektin, yakni serat larut yang dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan.

Semangka
Semangka ternyata dapat membantu menurunkan kolesterol. Itu karena semangka mengandung likopen, karotenoid yang telah terbukti melawan radikal bebas, sehingga dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol.

Mengonsumsi beragam buah tersebut hanya menjadi salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol selama menjalani puasa Ramadan. Selain itu, penderita kolesterol tinggi juga pantang mengonsumsi makanan lemak tinggi/santan seperti gorengan atau makanan sepat saji. Selain itu, penderita kolesterol tinggi juga disarankan menghindari rokok serta berusaha meluangkan waktu untuk olahraga selama puasa Ramadan.

Butuh bantuan ?