Cara Orang Tua Modern Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

16 Maret 2022



Menyiapkan dana pendidikan bagi Anak membutuhkan proses panjang. Sebab, orang tua harus menyisihkan dana untuk keperluan sekolah anak dari Sekolah Dasar (SD) hingga ke Perguruan Tinggi. Sebuah tugas yang tidak gampang karena biaya pendidikan semakin mahal sehingga para orang tua perlu konsisten dan disiplin menabung.

Orang tua zaman dulu biasanya menyiapkan pendidikan anak dengan cara menabung di bank atau beli emas. Ada pula yang membeli sebidang tanah lalu menjualnya ketika membutuhkan uang untuk pendidikan anak.

Seiring berjalan waktu, pola menyiapkan dana pendidikan yang dilakukan orang tua mulai berubah. Kini, para orang tua modern mulai 'melirik' asuransi pendidikan sebagai sarana yang paling tepat untuk menyiapkan dana pendidikan anak.

Dalam praktiknya, asuransi pendidikan berfungsi untuk menjamin biaya pendidikan anak. Mekanismenya, Anda membayar premi sesuai dengan kesepakatan antara Anda dan perusahaan asuransi. Lalu pihak perusahaan asuransi akan mencairkan sejumlah dana sesuai jadwal yang ada dalam ketentuan polis asuransi pendidikan yang Anda pilih. 

Baca Juga
Memahami Cara Kerja Asuransi Pendidikan
Kiat-kiat Memahami Polis Asuransi Pendidikan Anak
Memilih Asuransi Pendidikan, Apa yang Harus Diperhatikan?
Pilih Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan?
Jelang Tahun Ajaran Baru, Kenali Asuransi Pendidikan Terbaik

Beberapa manfaat asuransi pendidikan:

1.    Sebagai alat untuk membantu mengumpulkan dana pendidikan.  Anda akan menyetor premi asuransi pendidikan setiap bulannya secara rutin untuk dana pendidikan buah hati Anda kelak.  

2.    Memberikan proteksi manfaat walaupun tidak sebanyak investasi saham, namun asuransi pendidikan memberikan proteksi jiwa kepada tertanggung. Bila tertanggung meninggal dunia, asuransi pendidikan akan memberikan uang pertanggungan kepada ahli waris sesuai dengan nilai yang disepakati bersama. 

3.    Asuransi pendidikan memberikan dana pendidikan sesuai dengan tingkatan pendidikan anak Anda. Lalu, Anda akan mendapatkan sejumlah dana dari perusahaan asuransi ketika anak Anda memasuki usia SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. 

Perlu diingat bahwa program asuransi pendidikan anak ini membutuhkan komitmen jangka panjang. Jangan sampai Anda berubah pikiran, apalagi berhenti membayar premi di tengah jalan karena justru bisa merugikan diri sendiri. Untuk itu, sebaiknya Anda mempelajari polis asuransi secara cermat dan teliti agar tidak muncul kesalahpahaman di kemudian hari. Jangan ragu untuk menanyakan segala sesuatu terkait program asuransi kepada perusahaan asuransi. 

Dengan asuransi pendidikan, Anda dapat merencanakan dan menyiapkan uang yang dibutuhkan untuk biaya sekolah anak jenjang terendah hingga tertinggi. Intinya, ketika orang tua selaku pemberi nafkah mengalami musibah kecelakaan yang menyebabkan cacat atau meninggal dunia, dana untuk pendidikan akan tetap dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

Sequis memiliki sejumlah asuransi pendidikan dengan premi bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Silakan konsultasi dengan layanan Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?