Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tahukah Anda, Ada Lho Cara Membatalkan Pembelian Asuransi

26 Oktober 2021



Rasanya ada beragam opini negatif bermunculan di masyarakat mengenai asuransi. Beberapa orang merasa asuransi adalah 'jebakan batman' karena mendapat tagihan untuk membayar asuransi secara tiba-tiba padahal merasa belum menyetujui tawaran penjual asuransi telemarketing. Ada pula anggapan bahwa asuransi hanya buang-buang uang karena manfaat yang diberikan tidak bisa sesuai dengan kebutuhan.

Beragam opini tersebut harus segera diluruskan. Bila tidak, kesadaran dan keinginan masyarakat untuk memiliki asuransi dan melindungi masa depannya tidak akan meningkat. Padahal, asuransi memiliki segudang manfaat yang bisa 'menyelamatkan' seseorang dan keluarganya baik itu dari segi kesehatan dan finansial.

Asuransi kesehatan misalnya. Dengan memiliki produk asuransi kesehatan, seseorang bisa mendapatkan perawatan secara optimal dan cepat bila sewaktu-waktu sakit dan perlu dirujuk ke rumah sakit. Pasien beserta keluarganya juga tak perlu merisaukan urusan tagihan administrasi rumah sakit karena sudah di-cover oleh asuransi kesehatan sehingga bisa fokus pada proses penyembuhannya. Ingat, perawatan kesehatan itu tidaklah murah.

Ada pula opini buruk yang menyebut agen asuransi hanya mencari untung. Namun pada kenyataannya, semua Agen asuransi yang sudah melalui serangkaian training dan mendapatkan lisensi dari AAJI bertugas untuk memperkenalkan, menjelaskan seluruh manfaat dan pengecualian produk, membantu memilihkan produk yang tepat untuk nasabah, serta memberikan layanan sebaik-baiknya. Selain itu, mereka juga memiliki kewajiban membantu nasabah saat proses pengajuan klaim.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Cover Covid-19
Rekomendasi Asuransi Kesehatan Cover Penyakit Kritis
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan
Apa itu Premi Asuransi Kesehatan?
Rekomendasi Asuransi Kesehatan dengan Perlindungan Lengkap

Opini negatif mengenai asuransi sebagai 'jebakan batman' atau tidak memberikan manfaat sesuai kebutuhan juga bisa dipatahkan. Sebab, nasabah diberikan keleluasaan dan hak untuk membatalkan polis bisa tidak setuju dengan syarat dan ketentuan dalam polis asuransi. Kondisi ini disebut sebagai free look period.  Pada masa ini, Anda diberikan cukup waktu untuk mempelajari seluruh pasal (klausul) dalam perjanjian polis. Termasuk juga teliti melihat nama pemegang polis, tertanggung, dan ahli waris yang tercantum dalam buku polis. 

Dalam masa free look period, pemegang polis dapat mengajukan pembatalan polis dalam waktu dua puluh (21) hari atau sesuai waktu yang sudah ditentukan oleh masing-masing perusahaan asuransi setelah tanggal penerbitan polis. Pembatalan polis wajib disertai dengan surat pernyataan pembatalan polis dan mengembalikan polis asli ke Penanggung.

Semoga ulasan singkat ini bisa membantu Anda untuk meluruskan berbagai opini keliru mengenai asuransi. Dengan informasi yang tepat, Anda bisa lebih paham dalam memilih dan membeli asuransi kesehatan dan asuransi jiwa serta mendapatkan manfaatnya untuk hari esok yang lebih baik.

 

Butuh bantuan ?