Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ada Ancaman Resesi, Cari Cara Agar Tetap Sehat dan Bahagia

14 November 2022



Setelah hantaman pandemi covid-19 yang berlangsung selama dua tahun sejak 2020 hingga 2022, masyarakat dibuat khawatir dengan ancaman resesi keuangan pada 2023. Sebuah kondisi yang berpotensi menimbulkan beragam efek. Selain mengganggu kesehatan fisik dan finansial, pandemi covid-19 serta ancaman resesi diyakini dapat memberikan efek negatif untuk kesehatan mental.

Gangguan kesehatan mental yang disebabkan dua kejadian itu bisa datang dari berbagai arah. Salah satunya datang dari pemberitaan yang mengalir deras di media massa dan media sosial.  Secara tidak disadari, berita mengenai covid-19 dan efek buruk yang diakibatkan adanya resesi keuangan (terutama berita hoaks) dapat membuat seseorang menjadi stres dan ada rasa takut serta cemas.

Guna tetap bahagia di tengah berita-berita yang beredar tentang ancaman resesi global, ada baiknya melakukan beberapa tips berikut ini:

Batasi Waktu Mengakses Media Sosial

Batasi waktu akses berselancar di media sosial. Misal, mengurangi waktu akses media sosial dari yang sebelumnya 2 jam selama satu hari menjadi 1 jam. Bila dirasa masih mengganggu pikiran, ada baiknya untuk detoks media sosial dalam waktu yang telah ditentukan. Misal, tidak mengakses media sosial selama akhir pekan.  Sebagai gantinya, lakukan aktivitas yang positif, seperti jogging, bersepeda, atau sekadar bertamasya ke taman kota.

Buat Akun Sekunder Media Sosial

Bikin akun baru dan follow akun-akun berisikan informasi dan gambar yang membuat Anda bahagia. Misal, follow akun-akun travelling, dekorasi rumah, video-video lucu, atau akun yang berhubungan dengan hobi Anda. Dengan cara ini, Anda bisa melihat hal-hal baru dan menjauhkan diri sejenak dari konten-konten yang membuat Anda cemas.

Baca Juga
Apa yang Harus Disiapkan Bila Indonesia Kena Resesi 2023?
Jalan Kaki, Olahraga Simpel yang Punya Banyak Manfaat
Gaji Hangus saat Musim Liburan? Perhatikan 3 Hal Ini
Lari Pagi Mencegah Penuaan Dini Sekaligus Membuang Lemak
3 Olahraga yang Dianjurkan untuk Kesehatan Jantung

Coba Hal-hal Baru

Jangan habiskan waktu Anda untuk melihat berita atau informasi mengenai resesi ekonomi. Yuk alihkan pikiran ke hal-hal positif. Terutama kegiatan positif yang belum pernah Anda coba. Misal, mencoba yoga, ikut kelas renang/memasak, atau ikut serta dalam kegiatan komunitas. Mencoba hal-hal baru diharapkan bisa membuat hidup Anda lebih seru sehingga melupakan beragam polemik yang biasanya ditemui ketika berselarancar di dunia maya.

Intinya, temukan dan lakukan hal-hal lain yang membuat Anda bahagia. Dengan begitu, kita semua bisa melewati badai resesi keuangan pada 2023 dengan jiwa dan fisik yang sehat.

Butuh bantuan ?