Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ajari Anak Peduli Sesama

30 November 2017



Memiliki anak yang berperilaku baik dalam kehidupan sosialnya tentu menjadi keinginan bagi setiap orang tua. Namun saat ini, dengan adanya perkembangan teknologi yang membuat anak menjadi individualis dan kurikulum pendidikan di sekolah yang cenderung fokus kepada prestasi akademis anak, menjadi penghambat kehidupan sosial mereka. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya mengajari anak untuk peduli terhadap sesama sehingga dapat mempengaruhi perilaku mereka dalam kehidupan sosial.

Berikut langkah – langkah mengajari anak untuk peduli terhadap sesama :


1. Berikan pemahaman
Anak membutuhkan alasan yang logis mengenai keinginan orang tua untuk membuatnya peduli terhadap sesama dan lingkungan sosialnya. Pemahaman yang diberikan tidak harus berupa nasihat, Anda juga dapat memadukan penjelasan tersebut dengan konten agamis mengenai kehidupan sosial yang baik.

2. Tunjukkan sikap kepedulian sosial
Jadikanlah diri Anda sebagai contoh yang baik terhadap anak dengan menunjukkan sikap penuh belas kasihan dan peduli terhadap orang lain. Anak biasanya akan meniru apa yang dilakukan orang tua. Dengan menunjukkan sikap seperti itu, Anda mencontohkan atas pemahaman yang Anda berikan sebelumnya dan membuat anak menirukan hal tersebut.

3. Sikap kepedulian di rumah
Lingkungan di rumah merupakan hal yang paling mudah dan utama untuk mengajari sekaligus mempraktikan secara langsung kepedulian sosial. Ajarilah anak untuk membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang ringan. Dengan seperti itu, anak merasa bantuan mereka sangat dibutuhkan sehingga menimbulkan kepercayaan diri untuk peduli dan membantu orang lain.

4. Awasi pengaruh teknologi
Awasi anak Anda saat mengakses gadget. Pilihkan konten yang mengajarkan anak untuk berperilaku baik dan jangan biarkan anak mengakses teknologi dalam waktu yang lama. Semakin lama anak bermain gadget, akan semakin sedikit juga waktu untuk bersosialisai dengan lingkungan sekitar. Cobalah mengajaknya mengikuti kegiatan sosial sebagai distraksi agar anak terlepas dari kecanduan teknologi dan lebih peduli orang sekitar.

5. Berikan apresiasi
Apapun yang anak Anda coba lakukan dari yang mereka pelajari mengenai kepedulian sosial, ada baiknya Anda memberikan apresiasi berupa pujian agar ia merasa dihargai atas perilaku baiknya peduli terhadap sesama.

Cobalah untuk mulai menerapkan langkah – langkah di atas kepada anak Anda. Sudahkah membuat perubahan kecil yang berarti kepada sesama hari ini?

Butuh bantuan ?