Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Anak Muda Harus Segera Siapkan Dana Pensiun

3 Oktober 2022



Mendambakan masa tua menyenangkan dan bahagia adalah impian bagi setiap orang. Guna merealisasikan mimpi itu,  masyarakat wajib mengatur finansial secara baik dan benar sejak muda. Salah satunya menyiapkan tabungan dan dana pensiun. 

Akan tetapi, menyiapkan dana pensiun tidaklah mudah. Kadang, tabungan dan uang yang sudah disiapkan untuk dana pensiun terpakai untuk membeli kebutuhan pokok. Menyiapkan dana pensiun makin terasa sulit bila gaji yang didapat selama masa produktif tidak besar. 
Bagi Anda yang ingin mengumpulkan dana pensiun namun kurang paham caranya, yuk simak beberapa tips berikut ini: 

1.    Kontrol Pengeluaran
Berhenti 'lapar mata' atau menghamburkan uang untuk membeli barang mewah. Terutama barang mewah yang tidak bersifat mendesak. Sebaiknya, alokasikan bujet belanja barang mewah ke tabungan atau ke dana pensiun.

Bila memang ingin belanja, pastikan barang yang ingin dibeli tepat guna. Misal, belanja sepatu baru untuk menggantikan sepatu lama yang sudah rusak atau membeli laptop baru lantaran laptop yang sedang dipakai sudah kurang responsif. Dengan begitu, Anda fokus mencari barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan.

2.    Mencari sidejob
Selagi muda, tidak ada salahnya menyalurkan tenaga untuk menjalani beragam kegiatan yang bisa menghasilkan uang. Tentunya, memiliki lebih dari satu sumber pemasukan bakal memudahkan Anda menabung untuk masa pensiun. Dengan begitu, gaji utama bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan gaji dari pekerjaan sampingan dialokasikan ke tabungan hari tua.

Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan pada saat ini. Salah satunya membuka bisnis online dan memasarkannya lewat e-commerce. Selain bisnis online, ada juga yang memilih menjadi freelancer di bidang tertentu, seperti karya tulis, fotografi, atau editor video. \

Baca Juga
4 Kesalahan Anak Muda dalam Mengatur Keuangan
Strategi Alokasi Gaji Agar Bisa Investasi Jangka Panjang
Cara Cermat Mengatur Gaji Bulanan ala Financial Planner
Tingkatkan Kesehatan Mental dengan Rencana Keuangan Tepat
Asuransi dan Dana Darurat, Mana yang Penting saat Pandemi?

3.    Mulailah untuk Berinvestasi
Ada baiknya anak muda sudah melek investasi. Cari investasi jangka panjang bila tujuannya adalah mengumpulkan dana pensiun. Investasi jangka panjang yang bisa dipilih di antaranya properti, emas, dan saham.

4.    Asuransi Dana Pensiun
Ada banyak manfaat yang ditawarkan asuransi dana pensiun. Manfaat pertama sebagai jaminan kesehatan pada hari tua. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir memikirkan biaya yang harus dikeluarkan bila sakit. Manfaat proteksi jenis ini juga berbentuk perlindungan jiwa. Keluarga akan mendapat jaminan kebutuhan hidup jika Anda tutup usia. Asuransi dana pensiun juga bermanfaat sebagai investasi. Dana pensiun bisa dijadikan sebagai tabungan yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan saat masa tua.

Salah satu produk asuransi dana pensiun yang direkomendasikan adalah Asuransi Retirement Life Plan milik Sequis. Produk ini menawarkan beberapa manfaat seperti uang pertanggungan (UP) bila Tertanggung tutup usia. Tapi, bila tertanggung bertahan hidup hingga akhir tahun polis, manfaat pensiun akan dibayarkan sebesar 100% dari UP.

Bila Anda tertarik untuk membeli asuransi dana pensiun Sequis, jangan ragu segera cari tahu informasi lengkap produknya melalui www.sequis.co.id. Bila Anda memiliki pertanyaan hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, Whatsapp ke 08111332222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

 

Butuh bantuan ?