Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Bisa Nggak Sih Gaji Pas-Pasan Wujudkan Financial Freedom?

7 Januari 2022



Financial freedom adalah impian bagi banyak orang terlebih untuk para milenial. Semakin banyak milenial yang ingin mewujudkannya agar kelak bisa meraih hari esok yang lebih baik. Namun, kerap rasa cemas masih menghantui mereka mengingat income dan savings yang belum terlalu besar. Padahal untuk mencapai financial freedom tidaklah sulit karena hal ini tidak semata ditentukan oleh seberapa besar pendapatan, melainkan dapat tercapai dari pengelolaan finansial yang dijalankan secara bijak dan rutin.

Semua orang berkesempatan untuk mencapai financial freedom, termasuk Anda yang mungkin memiliki penghasilan pas-pasan sekalipun. Berikut adalah beberapa tipsnya:

1.    Tentukan Tujuan
Financial freedom memiliki makna yang berbeda-beda bagi setiap orang. Maka dari itu, Anda harus menentukan dengan matang, lalu baru membuat perencanaan untuk meraih target tersebut. Tentukan variabel apa saja yang akan dicapai, tentunya dengan memikirkan kondisi keuangan Anda saat ini. 

2.    Hidup Hemat
Menggunakan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup sesuai kemampuan adalah salah satu cara tepat. Meski memiliki pendapatan yang tidak besar namun sikap hemat perlu diterapkan sedini mungkin. Catatlah setiap pengeluaran dan pemasukan agar Anda mudah dalam mengatur keuangan.

Baca Juga
Rekomendasi Investasi dengan Modal di Bawah Rp10 Juta
Tips Pengelolaan Keuangan Agar Jadi Pahlawan untuk Keluarga
3 Cara Mengatur Keuangan Selama Masa PPKM yang Mudah Ditiru
Tips Mengatur Keuangan Setelah Menikah
Gaya Hidup Frugal untuk Menjaga Lingkungan Hidup
Orang-orang yang Tidak Membutuhkan Asuransi Jiwa

3.    Bijak Kelola Utang
Memiliki utang memang tidak selamanya menjadi hal buruk. Namun, hal yang perlu dihindari adalah jangan membiasakan diri berutang untuk kebutuhan yang tidak bernilai sebagai aset dan konsumtif. Batasi penggunaan kartu kredit untuk berbelanja kebutuhan tersier. Bila masih ada utang, lunasi dahulu sehingga Anda bisa menjalani tahap ini dengan tanpa beban.

4.    Menabung & Investasi
Sekecil apapun nominalnya usahakan sisihkan uang untuk menabung atau investasi. Jika dilihat dari faktor risiko dan keuntungan. Menabung memiliki risiko yang lebih kecil. Asalkan, Anda menyimpannya di tempat yang aman dan tepercaya. Anda pun dapat menikmati bunga tabungan tahunan walau jumlahnya tidak terlalu besar. Sedangkan investasi dilakukan dengan tujuan jangka panjang sehingga kelak dana yang Anda miliki sekarang nilainya dapat bertumbuh. Kedua hal ini sangat penting dilakukan untuk menunjang tujuan Anda mewujudkan financial freedom.

5.    Miliki Asuransi Jiwa & Kesehatan
Dalam sebuah perencanaan keuangan yang sehat, kesehatan keuangan Anda dapat dinilai salah satunya dari kepemilikan proteksi untuk menghadapi risiko tak terduga oleh karena itu sangat penting untuk berasuransi. Sejatinya financial freedom bukan hanya semata memiliki kekayaan dalam bentuk uang, emas, dan properti. Anda juga harus mengalokasikan dana untuk berasuransi baik di asuransi jiwa, asuransi kesehatan, ataupun asuransi umum lainnya. Memiliki asuransi akan menghadirkan beragam manfaat bagi hidup Anda untuk menghadapi situasi yang tidak terduga seperti kebutuhan kesehatan yang mendesak, kematian, dan kecelakaan. Khawatir akan biayanya dan bingung memilih produk yang tepat? Tenang kini Anda bisa mencoba fitur SOVIA di Super You by Sequis Online, agar bisa mengetahui jenis asuransi apa yang cocok untuk Anda. Sebagai asuransi dasar Anda dapat memilih asuransi kesehatan Super Easy Health dari Super You. Preminya pun terjangkau mulai dari Rp135 ribu, lebih murah dari anggaran bujet kopi kekinian Anda per bulan bukan? Oleh karena itu mari segera miliki asuransi jiwa dan kesehatan. Temukan informasi lengkapnya mengenai produk dan fitur lainnya dari Super You by Sequis Online di SuperYou.co.id

Butuh bantuan ?