Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Terbaik Memiliki Dana Pensiun untuk Masa Tua

10 Agustus 2023



Masa tua yang menyenangkan ditentukan ketika kita masih produktif. Guna mewujudkan keuangan yang sehat pascapensiun, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengumpulkan dana pensiun sejak muda.

Dana pensiun diartikan sebagai tabungan atau investasi yang dibentuk selama periode kerja/masa produktif. Nantinya, dana pensiun bakal menjadi sumber pendapatan yang stabil dan memadai saat seseorang berhenti bekerja.

Baca Juga: Dana Pensiun, Apa Kegunaan dan Rekomendasi Produknya?

Untuk mengumpulkan dana pensiun, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Mulai Sejak Dini
Salah satu faktor kunci dalam mengumpulkan dana pensiun yang cukup adalah memulai sejak dini atau sejak muda. Semakin awal Anda memulai menyisihkan dana untuk pensiun, semakin lama waktu yang Anda miliki untuk mengakumulasikan dana tersebut.

Tentukan Tujuan Pensiun
Perkirakan pengeluaran yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan gaya hidup yang diinginkan saat pensiun. Ini akan membantu Anda menetapkan target tabungan dan menyesuaikan kebiasaan keuangan Anda.

Baca Juga: Mitos-mitos Mengenai Dana Pensiun

Buat Anggaran dan Sisihkan Dana
Buat anggaran yang mencakup alokasi khusus untuk dana pensiun. Sisihkan sebagian pendapatan setiap bulan untuk diinvestasikan ke dalam dana pensiun Anda. Prioritaskan tabungan pensiun sebagai bagian penting dari kebiasaan keuangan Anda.

Investasikan Dana Pensiun
Pertimbangkan berinvestasi dana pensiun Anda agar dapat tumbuh seiring waktu. Konsultasikan dengan ahli keuangan atau perencana keuangan untuk memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda dan tujuan pensiun Anda. Ini bisa meliputi saham, obligasi, reksa dana, atau properti.

Asuransi Dana Pensiun
Guna mewujudkan keuangan yang sehat pascapensiun, Anda bisa mempertimbangkan untuk memiliki asuransi dana pensiun. Besaran premi dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda. Hasil dari bentuk asuransi dana pensiun biasanya berbentuk uang tunai yang diberikan per bulan dengan besaran jumlah rata-rata gaji. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena setelah Anda pensiun, Anda tetap mendapatkan penghasilan per bulan dari dana pensiun ini.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Dana Pensiun?

Sequis memiliki jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dana pensiun Anda, yaitu Asuransi Retirement Life Plan. Jenis asuransi ini bisa Anda gunakan sebagai persiapan pensiun berdasarkan plan yang dipilih. Asuransi ini menawarkan berbagai manfaat yaitu:
-    Uang pertanggungan (UP) akan dibayarkan kepada ahli waris bila tertanggung tutup usia sebelum usia pensiun atau sesudah usia pensiun (berdasarkan plan yang dipilih)
-    Death Terminal Bonus akan di bayarkan sampai dengan 100% UP (sesuai dengan tabel perhitungan tahun polis pada saat kejadian tutup usia)
-    Manfaat pensiun 100% dari UP akan dibayarkan bila tertanggung bertahan hidup pada usia akhir tahun polis (berdasarkan plan yang diambil)
-    Manfaat jatuh tempo akan dibayarkan yaitu 100% UP bila tertanggung mencapai usia 100 tahun ditambah Maturity Terminal Bonus hingga 100% dari UP.
-    Asuransi ini dapat ditambahkan dengan rider (asuransi tambahan)

Apa itu Death Terminal Bonus? Ini adalah bonus yang dibayarkan penanggung kepada ahli waris hanya ketika tertanggung meninggal dunia. Dan Maturity Terminal Bonus adalah bonus yang dibayarkan penanggung kepada pemegang polis hanya bila tertanggung hidup ketika masa pertanggungan asuransi berakhir.

Bila Anda membutuhkan perencana keuangan untuk membantu Anda mengatur finansial dan menyiapkan dana pensiun, hubungi agen tepercaya Sequis melalui Sequis Find Agent. Agen asuransi Sequis siap membantu Anda memberikan solusi perencanaan dana hari tua yang tepat untuk Anda dan keluarga.

Butuh bantuan ?