Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

#DiRumahAja Jadi Kecanduan Game Online, Apa Efek Positifnya?

22 Januari 2021



Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diambil pemerintah selama pandemi covid-19 membuat masyarakat lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Situasi ini memunculkan beragam hobi baru. Ada yang mendadak hobi "main tanaman", nonton film lewat aplikasi online, hingga kecanduan game online.

Sejumlah game online seperti Mobile Legend, PUBG, Clash Royale, Battle Field, dll memang sudah tenar sebelum pandemi terjadi. Namun, rasanya jumlah pemain game-game itu mendadak meningkat seiring PSBB berlangsung karena masyarakat butuh hiburan baru demi menghilangkan rasa bosan selama #DiRumahAja.

Seperti kegiatan lainnya, bermain game online juga memiliki efek positif. Berikut ini beberaoa di antaranya: 

Melatih respons otak
Game online sudah seperti olahraga. Tak heran jika beberapa game online sudah masuk kategori e-sports dan dipertandingkan di ajang bergengsi seperti Asian Games 2018. Dalam praktiknya, bermain game online biasanya membutuhkan konsentrasi dan memaksa seseorang untuk berpikir secara cepat. 

Melatih sportivitas
Sama halnya dengan olahraga, game online juga memiliki momen menang dan kalah. Nah ketika kalah, gamers dituntut untuk menahan diri dari amarah dan justru harus siap menerima kekalahan secara lapang dada. Siapa tahu, dengan belajar memahami konsep sportivitas dari game online, seseorang bisa lebih sabar dan bijak saat kembali berbaur di masyarakat. 

Menambah teman
Tak bisa ketemu sahabat karena harus menjalani PSBB? Tenang, Anda bisa mengakalinya dengan bertemu teman dan bermain bersama di game online. Bahkan, Anda bisa memperlebar ruang lingkup pertemanan lewat beragam game online yang tersedia. Bila PSSB sudah berakhir dan pandemi covid-19 sudah selesai, Anda bisa "kopi darat" dengan para teman online yang mungkin saja tersebar di seluruh Indonesia bahkan luar negeri. 

Sebagai sarana hiburan selama pandemi 
Pandemi covid-19 memunculkan beragam efek negatif untuk masyarakat. Rasa bosan, cemas, dan takut tertular virus bisa jadi melanda setiap masyarakat selama satu tahun terakhir. Perasaan seperti ini harus dihilangkan karena bisa memengaruhi produktivitas baik bagi anak-anak yang bersekolah atau orang dewasa yang sudah bekerja. Nah, game online bisa menjadi sarana untuk menghilangkan penat dan mengembalikan semangat.

Butuh bantuan ?