Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jalan Kaki, Olahraga Simpel yang Punya Banyak Manfaat

22 September 2022



Jalan kaki menjadi aktivitas atau olahraga yang sangat mudah dilakukan. Seseorang bisa melakukannya ketika menuju tempat kerja, membeli sarapan, atau setelah mengantar anak sekolah.

Walau olahraga yang simpel, jalan kaki juga bisa menurunkan berat badan, lhoo! Asal, jalan kaki dilakukan dalam durasi yang tepat. Lalu, berapa lama jalan kaki yang sebaiknya dilakukan setiap hari?

Menurut beberapa sumber, seseorang disarankan berjalan kaki selama 30 menit sehari. Untuk jalan cepat, Anda disarankan melakukannya selama 10 menit setiap hari. Jumlah itu bisa saja dikurangi bila Anda punya riwayat penyakit berat.

Buat Anda yang jarang berolahraga, sebaiknya jangan langsung melakukan olahraga jalan kaki dalam durasi yang lama. Lakukan secara bertahap agar terhindar dari cedera. Misal, pekan pertama berjalan 5-10 menit setiap hari. Lalu meningkat menjadi 20 menit setiap hari pada pekan berikutnya.

Baca Juga
Jogging Bisa Menjadi Olahraga Mahal, Lho Kok Bisa?
Makin Digandrungi, Apa Manfaat Lari Pagi untuk Tubuh?
Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ekstrem
Lari Pagi Mencegah Penuaan Dini Sekaligus Membuang Lemak
Kaum Mager Wajib Mewaspadai Serangan Jantung
Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan & Sedia Asuransi Kesehatan

Terpenting, Anda harus menjadikan jalan kaki sebagai rutinitas dan kebiasaan. Agar tidak monoton, Anda bisa melakukannya di sela-sela kegiatan sehari-hari. Contoh:
1. Jalan kaki saat membeli sarapan
2. Bila Anda bekerja di perkantoran lantai 10, turun di lantai delapan dan lanjutkan dengan berjalan menggunakan tangga
3. Bila menggunakan transportasi bis, turun di halte sebelum tempat tujuan. Lalu lanjutkan hingga ke lokasi yang dituju dengan berjalan kaki
4. Jalan kaki sambil mendengarkan musik agar tidak bosan
5. Makan siang di taman atau di ruang terbuka yang mengharuskan Anda jalan kaki terlebih dahulu

Banyak hal positif yang bakal Anda dapat bila sudah berjalan kaki secara rutin. Berikut ini beberapa di antaranya seperti dilansir p2ptm.kemkes.go.id:

1. Mencegah penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular
Berjalan kaki efektif mencegah terjadi penyakit jantung dan stroke karena aktivitas ini dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta memperlancar sirkulasi darah

2. Menurunkan berat badan
Berjalan kaki bisa menurunkan berat badan bila dilakukan secara konsisten. Pembakaran kalori dapat lebih cepat bila seseorang rajin jalan cepat.

3. Memperkuat sendi dan tulang
Berjalan kaki secara teratur dapat meningkatkan memperkuat sendi serta mencegah penurunan masa tulang. Untuk mengurangi sakit dan kaku di sendi serta peradangan, sebaiknya seseorang melakukan aktivitas jalan kaki selama 30 menit per hari.

4. Memperbaiki pencernaan
Jalan kaki selama 20-30 menit per hari bisa memperbaiki pencernaan serta mengurangi risiko kanker usus pada masa depan. Ini terjadi karena saat berjalan kaki badan bergerak yang akhirnya dapat melancarkan peristaltik usus. Alhasil, buang air besar bisa lebih lancar.

5. Menambah volume paru-paru
Berjalan kaki adalah olah raga aerobik yang meningkatkan jumlah oksigen dalam peredaran darah dan membantu melatih paru-paru

Butuh bantuan ?