Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

DIY Project: Membuat Dompet Handphone dari Kain Sisa

23 September 2017



Handphone Anda harus dilindungi agar tidak mudah tergores. Daripada membeli, lebih baik membuat sendiri sesuai kreasi Anda. Anda bisa memanfaatkan kain sisa yang ada. Ikuti langkah-langkah berikut:


Bahan-bahan yang dibutuhkan:
• Gantungan kunci atau cantolan/hook.
• Sisa kain bekas yang sudah tidak terpakai.
• Kain staplek (sejenis kain keras, bisa didapatkan di toko kerajinan tangan).
• Gunting dan setrika.
• Benang dan jarum.

Cara membuat:
1. Ukur panjang dan lebar handphone. Jika menggunakan casing handphone, ukur keseluruhan badan casing.


2. Potong kain sisa dengan ukuran dua kali lebih besar dari ukuran handphone secara keseluruhan ditambah 5-7 cm. Tambahan 5-7 cm dibutuhkan untuk bagian sisi kiri dan kanan dari dompet handphone tersebut. Misalnya untuk iPhone 6s, panjangnya adalah 16 cm dan lebar 8 cm, jadi kain sisa yang disiapkan adalah dengan ukuran 37cm x 21cm.

3. Gunting kain staplek dengan ukuran kain sisa yang sudah dibuat sebelumnya. Kain staplek dengan kain biasa digabungkan dengan menggunakan setrika. Panaskan setrika lalu tempelkan kain sisa di atas kain staplek, kemudian digosok.

4. Anda akan mendapatkan sepotong kain sisa berbentuk persegi panjang.  Lipat menjadi dua bagian, kemudian setrika sekali lagi untuk merekatkan dompet.

5. Jahit salah satu bagian ujung sebagai bagian bawah dari dompet, kemudian lipat dua ke arah atas dan sisakan beberapa cm.

6. Jahit kedua sisi kiri dan kanan dompet sehingga bisa menjadi kantong untuk handphone.

7. Sebagai tambahan tempat cantolan kunci, gunting kain sisa sekitar 10×5 cm. Lipat menjadi dua dan jahitkan ke bagian atas dompet sebagai tempat untuk memasukkan ring gantungan kunci.

Selamat berkreasi sesuai selera Anda!
(Source: qlapa.com)

Butuh bantuan ?