Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

DIY Project: Membuat Lilin Aromaterapi

11 Oktober 2017



Ingin membuat ruangan menjadi harum sekaligus menenangkan pikiran? Cobalah membuat lilin aromaterapi sendiri. Anda bisa memilih warna dan aroma yang diinginkan agar sesuai dengan selera. Anda juga bisa menjadikannya sebagai hadiah bagi orang terdekat! Berikut ini langkah-langkah sederhana untuk membuat lilin aromaterapi.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Serpihan lilin
Sumbu lilin
Wadah cetak untuk lilin
Krayon bebas racun
Minyak esensial/aromaterapi
Wadah kaca
Panci
Tusuk sate atau sumpit
Selotip
Kompor
Gunting


Cara membuat:

1.  Siapkan wadah untuk tempat mencetak lilin. Pasang sumbu lilin tepat di tengah wadah. Cara membuat sumbu untuk berdiri tegak adalah dengan menjepitnya dengan dua buah sumpit dan sematkan selotip agar menempel kuat di permukaan wadah.

2. Ukur seberapa banyak serpihan lilin yang Anda butuhkan. Agar akurat, bisa menggunakan gelas ukur, namun bisa sesuai perkiraan kasar Anda. Jangan lupa, serpihan lilin nantinya akan memadat sehingga ukurannya menyusut hingga 2 kali lipat.

3. Lelehkan lilin dengan cara dikukus di panci berisi air. Letakkan lilin di sebuah wadah yang direndam pada air panas tersebut. Pastikan air tidak terlalu penuh untuk merendam wadah lilin sehingga cipratannya tidak menyentuh lelehan lilin. Sementara panas api disetel agar tidak terlalu panas, sambil menunggu serpihan lilin menjadi cair, gunakan sendok untuk mengaduk.

4. Tambahkan warna untuk lilin, namun Anda bisa melewatkan tahap ini jika tidak ingin mengubah warna asli. Untuk memberi warna tambahan, gunakan krayon tanpa bahan kimia. Tambah jumlah krayon untuk warna yang lebih cerah. Sama halnya dengan lilin, lelehkan krayon dan campur dengan lelehan lilin.

5. Tambahkan pewangi untuk membuat lilin Anda lebih harum ketika dinyalakan. Gunakan minyak aromaterapi setidaknya 10 tetes atau lebih sesuai selera. Aduk rata agar wewangian tercampur sempurna dengan lilin.

6. Tuangkan lelehan lilin ke dalam wadah yang sudah ditempel sumbu tersebut. Lakukan perlahan agar bentuknya lebih rapi.

7. Tunggu 3-4 jam sampai lilin dingin dan memadat. Biarkan mendingin di suhu ruangan untuk menghindari retakan lilin.

(Sumber: sheknows.com)

Butuh bantuan ?