Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Sudah Divaksin, Sampai Kapan Pakai Masker?

4 Maret 2021



Proses vaksinasi covid-19 di Indonesia sudah memasuki tahap kedua. Bila sesuai rencana, bakal ada 38 juta penduduk yang sudah divaksin pada Mei 2021. Jumlah yang divaksin akan terus bertambah seiring penambahan vaksin yang dibeli pemerintah hingga 2022.

Meski sudah divaksin, pemerintah dan sejumlah ahli menyarankan agar masyarakat tidak melupakan protokol kesehatan. Menggunakan masker berkualitas baik dengan benar saat berada di luar rumah tetap menjadi kewajiban selama pandemi masih terjadi.

Sebab, vaksin tidak serta merta membuat tubuh seseorang terbebas dari covid-19. Peluang untuk terinfeksi masih besar walau gejala yang ditimbulkan tidak berat. Nah masalah yang lebih besar bisa timbul bila hal itu terjadi. Seseorang yang terinfeksi covid-19 walau sudah divaksin punya peluang untuk menularkan kepada masyarakat yang belum atau tidak divaksin, seperti ibu hamil.

"Terdapat kemungkinan bahwa beberapa orang yang divaksinasi Covid-19 terinfeksi tanpa menunjukkan gejala, dan kemudian dapat menularkan virus secara diam-diam.  Terutama jika mereka melakukan kontak dekat dengan orang lain saat berhenti memakai masker. Hal ini membuat orang yang sudah divaksin tetap dapat menjadi pembawa virus corona dan menyebarkannya di lingkungan mereka," kata ahli imunologi di Universitas Stanford, Michal Tal di laman New York Times. 

Lagipula, vaksin tidak langsung bekerja setelah disuntikkan ke dalam tubuh. Butuh sekitar dua minggu hingga vaksin baru bisa memperkuat imun tubuh untuk melawan virus. Jadi anggapan bahwa melepas masker sesaat setelah vaksin covid-19 sangat tidak benar.

Sebagai perbandingan, pandemi besar juga pernah terjadi pada 1918. Kala itu, pandemi Flu Spanyol merebak selama Perang Dunia II. Amerika Serikat menjadi negara paling terdampak.  Karena sudah menelan banyak korban, pemerintah AS langsung mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker dan memberikan sanksi denda dan penjara buat yang abai. Dari catatan sejarah kala itu, warga AS diwajibkan menggunakan masker hingga 3-4 tahun sejak pandemi pertama kali merebak.

Butuh bantuan ?