THR Sudah Tiba, Bagaimana Belanja yang Sehat Jelang Lebaran?

27 April 2022



Rasa bahagia muncul tiap kali Tunjangan Hari Raya (THR) 'turun'. Bagi sebagian orang, mendapat THR berarti momen yang tepat 'menumpahkan' hasrat untuk belanja keperluan lebaran atau sekadar belanja barang-barang yang sudah diimpikan untuk dimiliki.

Baca Juga
Yuk, Pulihkan Kembali Kondisi Keuangan Pasca Lebaran
Cara Cermat dan Bijak Menggunakan THR
Makan Kalap saat Lebaran, Simak Tips Kecilkan Perut Buncit


Anda juga punya kebiasaan demikian? Boleh-boleh saja. Asal, Anda melakukan tips-tips berikut ini terlebih dahulu: 

•    Susun Daftar Belanja 
Susun dengan saksama daftar barang-barang yang perlu Anda belanjakan. Terutama untuk kebutuhan rutin atau keperluan khusus lebaran. Sebuah cara sederhana yang bisa membantu Anda agar pengeluaran tidak melebihi dana THR. 

•    Buat Jadwal Belanja 
Ada baiknya buat jadwal belanja dan sebisa mungkin tidak lebih dari dua kali dalam sebulan. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi pengeluaran dari rutinitas nongkrong yang biasanya dilakukan banyak orang usai belanja. 

Baca Juga
Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat Sebelum Mudik Lebaran
Tips Tubuh Fit dan Bebas Covid-19 saat Mudik Lebaran 2022

•    Susun Anggaran Belanja
Tetapkan anggaran pasti untuk belanja. Misal, Rp3 juta untuk belanja keperluan lebaran dan Rp3 juta untuk membeli barang impian. Dengan cara itu, Anda akan berusaha untuk berbelanja sesuai kebutuhan dan menggunakan bujet sesuai anggaran.

Oh ya, satu hal yang harus diingat adalah beberapa tips itu harus dijalani dengan tekad yang kuat. Dengan begitu, Anda bisa menjalani hidup secara seimbang setelah 'diguyur' THR. Seimbang dalam artian THR Anda masih bisa digunakan untuk keperluan zakat, pengeluaran mudik, pengeluaran hari raya termasuk hidangan lebaran, THR bagi Asisten Rumah Tangga, orang tua, atau sanak saudara di kampung halaman, serta untuk pos keuangan seperti dana darurat,  utang, dan pos untuk tabungan masa depan termasuk investasi serta asuransi.
 

Butuh bantuan ?