Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Mencegah Mata dan Badan Lelah saat WFO

14 September 2022



Sudah hampir setengah tahun perkantoran memberlakukan kembali Work From Office (WFO). Situasi ini diberlakukan lantaran adanya tren penurunan angka penularan virus covid-19 pada Maret-Mei 2022. Apakah Anda menjadi salah satu karyawan yang sudah mulai WFO? Bila memang demikian,  sebaiknya Anda pintar-pintar mengatur waktu kerja selama di kantor.  Sebab, tubuh bisa merasa mudah lelah dan iritasi mata bila terlalu sering menatap layar komputer/laptop, handphone, atau tablet.

Baca Juga
Sudah WFO? Benarkah Covid-19 Mudah Menyebar di Ruangan AC?
Cara Menghilangkan Stres Usai Seharian WFO dan WFH
Tips Menghindari Penularan Omicron Saat WFO

Bagiamana cara menyiasati agar proses kerja selama di kantor tidak menimbulkan efek negatife untuk tubuh? Mari simak beberapa tips berikut ini yang dilansir dari situs resmi Universitas Gadjah Mada (ugm.ac.id) dan beberapa media online nasional berikut ini.

1. Atur posisi layar
Meja kantor biasanya lebar dan luas. Sedangkan kursi kantor umumnya bisa diatur tingkat tinggi atau rendahnya. Jadi, karyawan memiliki keleluasaan untuk menaruh laptop serta mengatur posisi duduk. Namun, ada baiknya menempatkan layar monitor tepat di hadapan Anda atau setidaknya berjarak satu lengan. Bagian atas layar sebaiknya tepat di bawah ketinggian mata. Dengan begitu, Anda tidak menatap ke atas layar yang bisa mengakibatkan mata menjadi tegang. 

Baca Juga
Rekomendasi Asuransi Kesehatan di Tengah Ancaman Omicron
3 Pelajaran Hidup yang Didapat dari Pandemi Covid-19
Ada Covid-19 Omicron, Panic Buying Bisa Kembali Muncul
Proteksi Kesehatan Sebelum Covid-19 Gelombang Ketiga Muncul
Tips Anti Boncos Buat Traveling di Tengah Pandemi Covid-19

2. Atur tingkat cahaya dan kontras
Beberapa kantor memiliki ruang meeting dengan pencahayaan yang bisa diatur. Nah, usahakan pencahayaan ruangan tersebut tidak terlalu gelap atau terlalu terang. Atur pencahayaan mirip dengan tingkat kecerahan ruangan utama. Cara pengaturan seperti ini dapat membantu meningkatkan kontras di layar gadget Anda. Dengan begitu, tegangan mata bisa berkurang. 

3. Terapkan metode 20-20
Setiap 20 menit, usahakan mengalihkan pandangan dari layar komputer/laptop dengan memandang benda berjarak enam meter selama 20 detik. Cara ini dilakukan untuk merelaksasi mata. Sebagai awalan, tempel pengingat di sebuah kertas agar Anda terbiasa melakukan rutinitas tersebut. Mengistirahatkan mata dan badan dari layer serta meja kerja juga bisa dilakukan dengan cara jalan santai ke pantry atau sekadar memandang ke luar jendela kantor.

4. Jangan ragu untuk istirahat
Jangan forsir mata dan tubuh Anda untuk terus 'bekerja'. Bila pekerjaan atau meeting telah selesai, usahakan istirahat 10-20 menit sebelum Anda pulang ke rumah. Dengan begitu, Anda punya energi yang cukup untuk menempuh perjalanan pulang dan bertemu keluarga di rumah

Butuh bantuan ?