Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Mengatur Keuangan Setelah Menikah

20 September 2021



Pandemi covid-19 tidak mengurungkan niat masyarakat untuk menikah. Walau tidak bisa menggelar pesta pernikahan megah akibat adanya pembatasan sosial, masyarakat yang berencana menikah tetap berbahagia dengan prosesi ‘seadanya’.

Banyak hal yang akan berubah ketika seseorang memasuki fase pernikahan. Salah satunya perubahan perencanaan keuangan. Apa saja yang harus diperhatikan saat merencanakan keuangan dan cara mengatur keuangan setelah menikah?

a.    Biasakan Keterbukaan Sejak Awal
Semuanya harus jelas dan terbuka. Termasuk soal penghasilan per bulan suami dan istri. Bahas pula mengenai pengeluaran masing-masing serta cicilan-cicilan yang harus dibayar. Cicilan pribadi serta untuk kebutuhan keluarga. Misal cicilan kendaraan & rumah, tagihan listrik, dll. 

b.    Utang dan Aset
Segera lunasi utang-utang konsumtif yang sudah dimiliki Anda atau pasangan sebelum menikah. Jadi sebelum berencana cicil mobil atau membeli rumah, pastikan sudah tidak ada utang yang mengendap.

Baca Juga
Cek Daftar Asuransi yang Cocok untuk Pasangan Baru Menikah
Ini Manfaat Reksa Dana untuk Pasangan Muda
Manfaat Menikah Secara Sederhana Selama Pandemi Covid-19

c.    Menyiapkan Proteksi
Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa harus dimiliki. Dengan memiliki kedua proteksi tersebut, Anda dan pasangan bisa fokus mengatur keuangan untuk hal lainnya. Tanpa adanya asuransi, tabungan Anda bisa mendadak habis bila sewaktu-waktu mengalami musibah atau dirawat di rumah sakit. 

d.    Dana Pendidikan Anak
Setelah memiliki asuransi jiwa dan kesehatan, Anda dan pasangan bisa mulai membicarakan mengenai dana pendidikan anak. Ingat, biaya Pendidikan terus naik setiap tahun. Jadi, ada baiknya disiapkan sejak dini. Mulailah menghitung estimasi berapa yang harus disiapkan atau diinvestasikan setiap bulannya untuk pendidikan anak. Setelah itu, Anda bisa menyiapkan dana pendidikan anak melalui asuransi pendidikan.

Mulailah terbuka dengan pasangan untuk masalah keuangan, sebab uang merupakan topik yang sangat sensitif. Anda dan pasangan dapat meminta bantuan Sequis untuk konsultasi perencanaan keuangan atau ingin memiliki asuransi kesehatan, asuransi jiwa, serta asuransi pendidikan terbaik.  Caranya dengan menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Anda juga bisa langsung konsultasi dengan agen Sequis melalui layanan Find Agent.

Butuh bantuan ?