Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Sequis untuk Jadi Pahlawan Finansial Bagi Keluarga

21 Oktober 2024



Setiap 10 November, kita memperingati Hari Pahlawan Nasional. Pada era modern ini, kita tetap dapat menjadi pahlawan, misalnya dalam lingkup bagi keluarga, yakni melindungi keuangan keluarga. 

Faculty Head Sequis Quality Empowerment, STAE, Yan Ardhianto Handoyo, AWP®, RFP®, mendorong masyarakat Indonesia yang sudah memiliki penghasilan agar memiliki misi menjadi pahlawan finansial bagi keluarganya karena jika keuangan keluarga terjaga dalam jangka panjang akan mudah bagi Anda menyiapkan masa depan anak dan kelak dapat pensiun tanpa menjadi beban bagi anak cucu.

“Dengan mulai memiliki misi menjadi pahlawan finansial akan membuat Anda  berupaya mencari cara bagaimana cara meningkatkan nilai tabungan dan memperbesar aset secara tepat. Bahkan, Anda akan berupaya meningkatkan literasi asuransi agar dapat menggunakan manfaat asuransi pada masa mendatang jika dibutuhkan”, sebut Yan

Yan menguraikan lebih lanjut tips menjadi pahlawan finansial bagi keluarga Anda:

  • Persiapkan Dana Pendidikan Sejak Dini
    Pendidikan merupakan investasi terbesar untuk mempersiapkan masa depan anak sehingga Anda perlu mengantisipasi kenaikan biaya pendidikan agar pendapatan dan tabungan cukup untuk menyekolahkan anak hingga ke pendidikan tinggi yang berkualitas. Yan merekomendasikan untuk menempatkan dana pendidikan di instrumen yang aman seperti asuransi pendidikan Sequis EduPlan Insurance agar tetap terjaga meski pencari nafkah mengalami hal tak terduga.

    Sequis EduPlan Insurance dapat menjadi pilihan karena ada manfaat meninggal dunia sebesar 100% Uang Pertanggungan (UP) dan tahapan dana pendidikan yang totalnya sampai dengan 200% UP yang diberikan secara terjadwal sebagaimana sudah diatur sebelumnya, sekalipun Tertanggung tutup usia sebelum masa pembayaran berakhir. 

 

  • Prioritaskan Perlindungan dengan Asuransi Jiwa dan Kesehatan 
    Pastikan juga Anda memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa selagi sehat dan produktif. Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan berperan penting dalam perencanaan keuangan karena berfungsi melindungi aset keluarga dari kebangkrutan dan kemiskinan saat terjadi risiko kehidupan yang datang mendadak, seperti sakit yang butuh biaya perawatan medis atau pencari nafkah meninggal dunia yang menyebabkan hilangnya penghasilan keluarga.

    Salah satu produk asuransi dari Sequis yang dapat dipertimbangkan adalah Sequis Q Infinite MedCare Shield Rider (IMC Shield) karena preminya terjangkau sehingga nasabah tetap dapat membagi pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Keunggulan produk ini adalah dengan premi terjangkau, Tertanggung sudah bisa mendapatkan manfaat kamar satu tempat tidur saat rawat inap.

 

  • Kelola Utang dengan Bijak
    Kemampuan mengelola utang dapat membantu menjaga kestabilan keuangan keluarga. Yan menyarankan untuk membatasi utang konsumtif hingga maksimal 15% dari total penghasilan. Bahkan, jika dapat lebih diminimalkan akan lebih baik. 

    Salah satu cara menghindari utang adalah membatasi belanja barang-barang yang masih bisa ditunda pembeliannya atau tidak perlu dibeli. Selain itu, sebaiknya jika memiliki dana tambahan, seperti bonus atau tunjangan, dapat dimanfaatkan untuk melunasi utang karena dalam utang selain kewajiban membayar pokok pinjaman juga terdapat bunga. Bila  telat melunasi utang maka jumlah yang dibayarkan akan jauh lebih tinggi.

    “Mereka yang memiliki kewajiban utang yang dibayar tepat waktu dan yang nilai utang konsumtifnya kecil atau bahkan tidak memiliki utang maka keuangan keluarganya lebih kuat dan  lebih fleksibel pada berbagai pilihan untuk persiapan masa depan,” sebut Yan. 
     
  • Bangun Komunikasi Keuangan dalam Keluarga
    Hal penting yang tidak boleh diabaikan adalah melibatkan seluruh anggota keluarga dalam perencanaan keuangan. Diskusikan tujuan keuangan keluarga, cara mencapainya, dan termasuk jika ada rencana pembelian aset, investasi, dan pengajuan pinjaman. Dengan demikian, setiap anggota keluarga dapat berperan aktif menjaga kesehatan keuangan bersama.

    Yang menyarankan agar keuangan keluarga dikomunikasikan dengan baik kepada pasangan dan anggota keluarga lain sesuai tingkat usia dan kemampuan memahami finansial. 

    “Mengomunikasikan keuangan perlu dilakukan dengan baik demi mencegah konflik dan salah pengertian. Selain itu, dengan terbuka soal perencanaan keuangan kepada anggota keluarga maka akan membantu mendorong mereka berkeinginan ikut serta meningkatkan aset keluarga serta menjaganya dan berlatih meminimalkan gaya hidup konsumtif. Dengan demikian Anda berhasil menjadi pahlawan bagi keuangan keluarga,” tutup Yan.


#BIK2024
#BIKSequis2024
#BulanInklusiKeuangan
#IndonesiaProduktif
#SequisTetapAda

oOo

 
 

Butuh bantuan ?