Mohon Maaf untuk saat ini layanan kami sedang Offline.
Jam operasional layanan kami yaitu pada hari Senin-Jum'at pada jam 08.15-17.00 WIB
Untuk informasi layanan diluar waktu tersebut dapat mengakses email :
Layanan Individu : care@sequislife.com
Layanan Group/ Perusahaan / : fscare.group@sequislife.com
PT Asuransi Jiwa Sequis Life Pertahankan Kinerja Keuangan Positif Tahun 2019
Kinerja Positif Keuangan Sequis Life - sumber gambar: pngdownload.id
Jakarta, 22 Juni 2020 – PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis Life) kembali membukukan kinerja positif selama tahun 2019*, yaitu Total Pendapatan Premi sebesar Rp3,429 triliun dan Laba Bersih yang naik 24% menjadi Rp759,2 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp613,9 miliar. Sequis Life juga mengembangkan Total Aset hingga Rp18,8 triliun, angka ini naik 2% dari tahun 2018 sebesar Rp18,4 triliun. Pertumbuhan yang positif ini juga didukung oleh keputusan perusahaan yang lebih banyak menempatkan dananya pada instrumen investasi yang sifatnya lebih stabil dan aman.
President Director & CEO PT Asuransi Jiwa Sequis Life Tatang Widjaja menyebutkan bahwa investasi Sequis sepanjang tahun 2019 sekitar 90% ditempatkan pada instrumen obligasi pemerintah dan badan usaha milik negara dan sisanya pada obligasi korporasi swasta karena perusahaan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam mengelola aset. Hal ini menurutnya, demi meminimalisasi risiko dan memberikan kepastian kepada para nasabah bahwa perusahaan mampu memenuhi kewajiban terhadap nasabah dan melindungi masa depan mereka dengan baik.
Tatang juga meyakinkan masyarakat bahwa Sequis senantiasa menjaga kekuatan bisnisnya. Hal ini tercermin dari rasio solvabilitas (Risk Based Capital/RBC) perusahaan sebesar 599%. Angka ini lebih besar dari standar kecukupan modal yang ditetapkan oleh OJK sehingga sepanjang tahun 2019, perusahaan mampu memenuhi kewajiban kepada nasabah melalui pembayaran Klaim dan Manfaat sesuai dengan ketentuan polis sebesar Rp871,8 miliar atau meningkat 16% dari tahun sebelumnya, sebesar Rp750,7 miliar. Kenaikan pembayaran klaim dan manfaat ini menjadi indikator bahwa masyarakat semakin membutuhkan perlindungan asuransi dan mempercayai Sequis sebagai perusahaan asuransi yang mampu melindungi kesehatan dan aset keluarga mereka.
Ia juga menyebutkan bahwa pertumbuhan kinerja keuangan perusahaan yang positif ini juga ditopang oleh produk Sequis Q Infinite MedCare Rider (SQIMC) yang diluncurkan perusahaan tahun lalu. Produk ini berhasil memberikan kontribusi terhadap pendapatan premi sebesar lebih dari Rp182 miliar. Keunggulan produk Sequis hingga dapat sampai ke masyarakat tentu tidak lepas karena kerja keras agen Sequis berlisensi yang jumlahnya telah mencapai lebih dari 10.900 yang menjadi kontributor utama dari keseluruhan total pendapatan premi, yaitu lebih dari 95%.
Perusahaan akan terus melakukan inovasi yang berorientasi pada nasabah sehingga nasabah Sequis bisa mendapatkan layanan yang lebih cepat dan efisien. Layanan yang dimaksud meliputi informasi polis, perubahan dana hingga kemudahan melakukan klaim. Beberapa layanan digital telah Sequis sediakan yaitu melalui aplikasi Sequis Polisku yang dapat dimanfaatkan nasabah untuk mengubah data polis, mengajukan dan memonitor klaim, melihat informasi rumah sakit rekanan Sequis, dan fitur lainnya, serta layanan e-claim lewat WhatsApp atau LINE untuk pengajuan klaim kesehatan. Tatang berharap inovasi dalam bidang layanan digital ini akan semakin mendekatkan hubungan Sequis dengan nasabahnya.
Layanan Service Center Sequis tersedia di enam kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Medan serta didukung oleh 75 kantor pemasaran yang tersebar di 28 kota di Indonesia. Selain dapat menghubungi Sequis Care di nomor (62-21) 2994 2929 atau e-mail ke care@sequislife.com, nasabah juga dapat memanfaatkan layanan WhatsApp di nomor 0811-1332-222. Layanan WhatsApp ini diluncurkan pada 28 April 2020 untuk membantu nasabah berinteraksi lebih cepat dan nyaman dengan petugas Service Center Sequis untuk mendapatkan informasi cara pembayaran premi, informasi polis, dan prosedur pembayaran klaim serta informasi mengenai aplikasi Sequis Polisku.
Kinerja Sequis Kuartal 1 Tahun 2020
Memasuki tahun 2020, pada kuartal 1, Sequis Life masih membukukan laporan keuangan konsolidasi positif, yaitu Total Pendapatan Premi senilai Rp832 miliar. Klaim dan Manfaat yang telah dibayarkan adalah sebesar Rp38,7 miliar untuk klaim kematian dan Rp80,7 miliar untuk Klaim Kesehatan.
Catatan kinerja yang positif tentunya menjadi pendorong bagi perusahaan untuk bekerja lebih keras agar tidak sekadar bisa bertahan, tetapi juga mampu bersaing dalam industri yang bergerak semakin cepat. Hal ini yang menyebabkan Sequis memulai awal Januari 2020 dengan peluncuran Sequis Q Infinite MedCare Rider dengan X Booster yang memberikan tambahan perlindungan terhadap penyakit kritis yang lebih komprehensif dengan harga yang terjangkau.
Selain berfokus kepada kanal agensi, Sequis juga terus melakukan pengembangan pada penjualan asuransi secara online sejalan dengan proses digitalisasi untuk menjangkau target pasar yang berbeda atau mass market yang menawarkan produk kesehatan baru yang lebih sederhana, asuransi berjangka dengan pengembalian premi, juga double claim untuk kematian karena kecelakaan.
Mengenai tenaga pemasar/agen asuransinya, Sequis telah memperlengkapi dengan kemampuan menjual produk-produk tradisional secara digital. Tidak menutup kemungkinan juga untuk melakukan penjualan produk unit link setelah ada arahan lebih lanjut dari OJK. Selain itu, Sequis juga akan melakukan riset mendalam tentang customer analytics untuk memahami customer behaviour & preference, seperti bagaimana nasabah berpikir, bertindak, dan bersikap dalam mengambil keputusan terkait produk dan kaitannya dengan masing-masing kebiasaan dan budaya. Sequis percaya dengan inovasi dan pengembangan yang konsisten maka Sequis akan mampu mempertahankan kekuatan finansialnya.
Pandangan Sequis Mengenai Pandemi Covid-19
Dampak pandemi Covid-19 dirasakan oleh masyarakat, banyak kegiatan dan aktivitas harus berhenti, tertunda bahkan berubah. Untuk itu, Tatang mengajak masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan dan membiasakan hidup sehat guna membantu mempercepat putusnya rantai penularan Covid-19 sehingga kita dapat kembali bekerja dan mencapai target yang tertunda.
Pandemi virus ini juga telah melumpuhkan sebagian besar sektor ekonomi. Sejumlah produksi dan aktivitas yang telah direncanakan harus terhenti dan berdampak bagi jalannya roda bisnis. Namun, bagi industri asuransi justru telah menjadi pendorong untuk menyediakan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Beliau juga mengatakan kondisi ini tidak menghentikan langkah Sequis untuk mempertahankan komitmen memberikan perlindungan bagi masyarakat Indonesia. “Rangkaian produk asuransi Sequis tersedia untuk menjawab kebutuhan asuransi bagi semua kalangan. Bahkan, kami melihat permintaan asuransi tradisional, seperti asuransi jiwa seumur hidup (whole life), asuransi berjangka, asuransi dengan perencanaan dana pensiun serta asuransi kesehatan mulai meningkat,” sebutnya.
Sebagai perusahaan yang sudah berdiri sejak 36 tahun lalu tepatnya pada 29 Mei 2020, Sequis merayakan ulang tahunnya dengan melakukan serangkaian kegiatan kemanusiaan. “Kami mengadakan program rapid test gratis selama 4 minggu di 27 lokasi di Jabodetabek dan Karawang untuk lebih dari 6.000 orang bekerja sama dengan rekanan rumah sakit Sequis, yaitu RS Primaya, Mitra Keluarga, dan Hermina guna melakukan deteksi atau pencegahan dini demi menekan penyebaran virus Covid-19 terutama di Jabodetabek. Kami pun mendonasikan 2.400 masker KN95 bagi tenaga medis di tiga rumah sakit rekanan tersebut. Sejak 5 Mei, kami juga memberikan asuransi gratis senilai Rp3 juta bagi masyarakat yang terdiagnosis positif Covid-19 melalui program #SuperTogether melalui kanal Super You by Sequis Online yang berlaku hingga 5 Juni 2020. Sequis juga memberikan bantuan sembako dan 350 masker kain ke beberapa panti asuhan di Jakarta,” sebut Vice President, Head of Corporate Branding, Marketing & Communications Felicia Gunawan. Rangkaian kegiatan kemanusiaan yang dilakukan Sequis ini menurutnya sangat baik karena ia percaya bahwa berbisnis tidak lah sekadar menghitung untung dan rugi, tetapi juga harus memberikan dampak bagi masyarakat. Ia yakin dibalik pandemi ini ada pembelajaran bagi masyarakat termasuk bagi dunia bisnis.
Felicia pun menyebut angka klaim dan manfaat terkait Covid-19 yang telah dibayarkan perusahaan sampai dengan 18 Juni 2020, mencapai lebih dari Rp6,8 miliar dengan komposisi Rp2,6 miliar untuk klaim kesehatan dan Rp4,2 miliar untuk klaim kematian.
Menutup keterangannya, Ia juga mengajak masyarakat untuk berasuransi karena hidup selalu penuh dengan kejutan dan asuransi hadir untuk memberikan perlindungan di saat yang tidak terduga. “Plan The Unplanned with Sequis”.
*) Hal-hal terkait laporan finansial PT Asuransi Jiwa Sequis Life bisa diakses secara transparan di sequis.co.id
Kontak:
Lana Christy
PT Asuransi Jiwa Sequis Life
Tel: 021 5223 123 ext. 2110
lana.christy@sequislife.com
Ineke Novianty Sinaga
PT Asuransi Jiwa Sequis Life
Tel: 021 5223 123 ext. 2101
ineke.sinaga@sequislife.com