Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ingin Berobat Ke Luar Negeri Menggunakan Asuransi Kesehatan?

28 April 2020


Meski telah tersedia banyak rumah sakit bertaraf internasional dengan dokter yang tidak kalah andal dan cakap dalam menangani pasien di Indonesia, namun hal itu tetap tidak mengurangi keingi


Saat ini, banyak orang Indonesia yang memilih berobat ke luar negeri. Meski telah tersedia banyak rumah sakit bertaraf internasional dengan dokter yang tidak kalah andal dan cakap dalam menangani pasien di Indonesia, namun hal itu tetap tidak mengurangi keinginan pasien untuk mendapatkan perawatan kesehatan hingga ke manca negara. 

Ketua Kongres Spesialis Dokter Bedah  Indonesia, Prof dr. Paul Tahalele saat ditemui di Nusa Dua Bali pada acara Kongres Dokter Bedah Indonesia, Selasa (21/10) menjelaskan, data pada tahun 2013 menunjukkan bahwa ada sekitar 600 ribu warga Indonesia dari kelompok kelas menengah ke atas yang berobat ke luar negeri. (sumber: http://kebijakankesehatanindonesia.net/05/04/2019).

Dr. Paul menambahkan bahwa jumlah ini akan terus bertambah setiap tahunnya. Sedangkan negara yang menjadi sasaran berobat pasien asal Indonesia antara lain adalah Malaysia, Singapura, Cina, dan beberapa negara di Amerika dan Eropa. 

Alasan yang membuat banyak orang memilih jauh-jauh mendapatkan perawatan di luar negeri adalah kelengkapan alat-alat medis, kenyamanan, hingga pelayanan terintegrasi dan mumpuni. Sehingga, proses penanganan terhadap penyakit dianggap juga akan lebih baik dan cepat.Asuransi Kesehatan untuk Perawatan di Luar Negeri

Mungkinkah asuransi kesehatan digunakan untuk berobat hingga ke luar negeri? Tentu saja bisa, terutama jaminan kesehatan swasta. Itupun tidak semua perusahaan asuransi memilikinya. Untuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sementara ini hanya dapat digunakan di rumah sakit di Indonesia. 

Nah, jika ingin memperoleh pengobatan di luar negeri menggunakan jaminan kesehatan swasta, Anda perlu memastikan bahwa produk yang dipilih memang dapat menanggung biaya perawatan di rumah sakit luar negeri tersebut. 

Selain itu, periksalah terlebih dahulu  pula daftar rumah sakit yang menjadi rekanan. Ini penting untuk memastikan apakah memang  perusahaan asuransi yang Anda pilih bermitra dengan rumah sakit yang ingin Anda tuju. 

Tanyakan secara detail pula terkait plafon yang akan diperoleh dari produk yang ditawarkan. Sehingga Anda tidak perlu membayar lebih karena menggunakan fasilitas di atas limit kemampuan Anda. 

Terakhir, hindari menunggak membayar premi karena penunggakan akan menyebabkan pertanggungan untuk nasabah dihentikan sementara waktu hingga peserta melunasinya. 

Langkah-Langkah Berobat Ke Luar Negeri Menggunakan Asuransi Kesehatan
 

Ada langkah-langkah yang harus dilakukan agar pengobatan ke luar negeri yang Anda inginkan dapat terwujud. 

1.    Proses Persiapan 
Pertama-tama yang perlu dilakukan nasabah adalah memilih rumah sakit. Perusahaan biasanya memiliki daftar rumah sakit rekanan, atau yang bekerja sama dengan pihak penanggung, baik yang berada di dalam maupun di luar negeri. 

Setelah menemukan rumah sakit yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah mendaftar melalui telepon. Biasanya nomor telepon untuk rumah sakit di Indonesia dan luar negeri berbeda. Pastikan Anda sudah mempelajari manfaat, syarat & ketentuan yang berlaku di buku polis, website perusahaan, ataupun bertanya pada agen secara langsung. 
Setelah mendapat konfirmasi persetujuan pengobatan, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi dan mendaftarkan diri Anda. 

2.    Proses Perawatan
Anda diperbolehkan mendatangi rumah sakit yang dipilih setelah pendaftaran diterima. Ketika tiba di rumah sakit tujuan, pihak rumah sakit akan melakukan pemrosesan terhadap surat kepesertaan  asuransi kesehatan Anda terlebih dahulu. 

Setelah pengecekan selesai, Anda akan diberi tahu cakupan perawatan yang akan didapatkan. Jika sudah memahaminya, nasabah akan diminta menandatangani pernyataan. Kemudian, Anda bisa mendapatkan perawatan yang dibutuhkan di rumah sakit tersebut. 

3.    Proses Keluar 
Setelah pengobatan selesai dilakukan, pihak rumah sakit akan memberikan konfirmasi keluar. Sebelum meninggalkan rumah sakit, kartu kepesertaan Anda akan diproses sekali lagi. Setelah selesai, nasabah akan menerima struk pengesahan dan formulir kepulangan. 

Nah, itulah langkah-langkah berobat ke luar negeri mengunakan jaminan kesehatan swasta dengan sistem pembayaran cashless. Sangat mudah, bukan? Anda tidak perlu repot mencari biaya rumah sakit ataupun melengkapi dokumen-dokumen untuk mengajukan klaim penggantian biaya pengobatan. Cukup menunjukkan kartu peserta asuransi kesehatan dan pengobatan Anda dapat segera dilakukan. 

Anda bisa memperoleh fasilitas pengobatan di luar negeri seperti Malaysia  dengan produk asuransi jiwa dari Sequis. Dapatkan informasinya di sini. Tersedia  lebih dari 500 rumah sakit rekanan Sequis di seluruh dunia dengan fasilitas cashless.  Personal Assistant kami di www.sequis.co.id akan membantu menemukan produk asuransi kesehatan yang tepat untuk pengobatan Anda di dalam maupun di luar negeri. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Siapkan perlindungan kesehatan terbaik untuk Anda dan keluarga karena hidup selalu punya kejutan Plan The Unplaned with Sequis.

Butuh bantuan ?