Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

3 Alasan Asuransi Kesehatan Sangat Penting untuk Milenial

11 Desember 2023



Biaya kesehatan terus meningkat setiap tahun. Bahkan, biaya perawatan serta pengobatan untuk penyakit berat bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran Rupiah. Tanpa kesiapan finansial, sakit bisa mengakibatkan masalah keuangan yang fatal. Untuk itulah perlunya memiliki asuransi kesehatan agar bisa mendapatkan perlindungan kesehatan sekaligus finansial. 

Namun bagaimana bila kita ingin membeli asuransi kesehatan namun sudah memiliki penyakit sebelumnya atau disebut juga pre-existing condition (PEC)? 

Mendapatkan manfaat asuransi ketika sudah ada PEC memang tidak semudah ketika kondisi masih sehat. Untuk itu ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Dalam praktiknya, PEC adalah kondisi ketika Tertanggung sudah memiliki riwayat atau bahkan sedang mengidap penyakit tertentu saat mendaftar asuransi kesehatan. Beberapa perusahaan asuransi tidak mau menanggung Tertanggung dengan riwayat PEC. Namun, ada beberapa perusahaan yang bisa meniadakan kondisi PEC bila Anda adalah nasabah lama dengan syarat Anda tidak pernah mengajukan klaim penyakit yang diidap dan tidak pernah menjalani perawatan medis untuk penyakit tersebut dalam waktu tertentu. Contohnya, bila Anda dinyatakan sembuh dari penyakit jantung di 2022 dan polis asuransi mengharuskan masa tunggu PEC selama dua tahun, maka Anda bisa mengajukan klaim penyakit tersebut dan mendapatkan manfaat asuransi pada 2022.

Baca Juga
Butuh Asuransi Penyakit Kritis Terbaik? Cek Rekomendasi Ini
Asuransi Kesehatan di Tengah Beragam Penyakit dan Virus
Pertanyaan Sering Diajukan Tentang Cashless Asuransi Sequis

Anda juga perlu tahu penyakit apa saja yang biasanya termasuk dalam PEC. Di antaranya diabetes melitus, serangan stroke, pemasangan ring jantung, autoimun, kanker, miom, kista, benjolan di payudara, asma, dan peradangan kronis di usus. Namun tentu saja tiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan yang berbeda-beda mengenai kondisi tersebut.

Baca Juga
Makin Muda, Makin Murah Premi Asuransi Kesehatan Anda
Informasi Bagi yang mencari Asuransi Kesehatan dari Sequis
Asuransi yang Sebaiknya Dimiliki Pasangan Ingin Menikah
 

Lantas, apa saja sih yang membuat PEC bisa ditanggung perusahaan asuransi? 

1.    Seseorang sudah sembuh
Bila ada riwayat medis penyakit yang dikecualikan tapi sudah dinyatakan sembuh, artinya kondisi ini sudah tidak lagi masuk dalam PEC

2.    Penyakit sudah lama tidak kambuh
Selain sudah sembuh, penyakit tidak kambuh dan bisa dibuktikan dengan riwayat klaim atau riwayat perawatan 

3.    Sudah melewati waiting period
Masa tunggu (waiting period) dijadikan syarat untuk beberapa asuransi yang menanggung PEC. Masa tunggu ini berbeda-beda tiap perusahaan asuransi, ada yang satu tahun, ada juga yang dua tahun. 

4.    Premi lebih tinggi 
Beberapa perusahaan asuransi ada yang menanggung PEC dalam bentuk polis tambahan. Sehingga sebagai polis tambahan (rider) maka akan ada premi tambahan. Pada ketentuan ini biasanya perusahaan asuransi juga menentukan waiting period. 

Nah, sudah tahu informasi mengenai cara mendapatkan manfaat asuransi ketika Anda sudah memiliki riwayat sakit yang masuk dalam kategori PEC, bukan? Sekarang saatnya Anda segera membeli asuransi kesehatan untuk menyiasati finansial di masa depan. Sequis menyediakan banyak produk asuransi kesehatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan dan kondisi finansial Anda. Silakan cari informasninya melalui sequis.co.id. Bila ada pertanyaan, Anda bisa menghubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com. setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?