Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

3 Faktor yang Harus Diperhatikan saat Investasi Reksa Dana

7 Agustus 2023



Semua orang menginginkan masa tua yang nyaman dan bahagia. Menggapai mimpi tersebut bisa dilakukan dengan investasi jangka panjang. Nantinya, return atau hasil investasi diharapkan bisa menjadi sumber pendapatan buat Anda ketika memasuki masa tua dan sedang menjalani masa pensiun. Meski demikian, Anda perlu mempertimbangkan jenis produk penanaman modal yang tepat agar tujuan finansial tercapai.

Salah satu jenis investasi jangka panjang yang banyak dilirik masyarakat adalah reksa dana saham dan reksa dana pasar uang. Instrumen ini dapat diperoleh dengan modal yang sangat murah dan modal akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional sehingga tidak akan membuat Anda pusing untuk memikirkannya.

Baca Juga: Investasi dan Raup Potensi Cuan Rp10 miliar

Faktor yang harus diperhatikan
Ada 3 faktor utama yang harus Anda pertimbangkan saat memutuskan untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Ketiga faktor tersebut adalah waktu yang dibutuhkan, jumlah uang yang harus diinvestasikan setiap bulan atau per tahunnya, dan nilai total pengembalian investasi yang Anda inginkan di akhir periode investasi.

Mari kita paparkan satu-persatu. Pertama, semakin rendah toleransi risiko dan tinggi nilai yang diinginkan, semakin panjang waktu yang diperlukan. Bila Anda menginginkan nilai pengembalian investasi yang tinggi, waktu investasi yang diperlukan juga panjang.

Baca Juga: Simulasi Investasi Karyawan Gaji UMK Jabodetabek

Kedua, semakin besar jumlah uang yang diinvestasikan setiap bulan, semakin cepat mencapai target. Bila Anda ingin mencapai target pada jangka waktu tertentu, uang yang harus diinvestasikan setiap bulannya tentu juga besar.

Ketiga, semakin tinggi nilai pengembalian investasi yang diinginkan pada akhir periode, semakin lama waktu investasi dan harus berinvestasi di instrumen dengan risiko yang lebih tinggi. Jumlah uang yang Anda inginkan pada masa depan akan dipengaruhi oleh jenis instrumen investasi yang Anda pilih dan jangka waktu investasi.

Baca Juga: Saya Ingin Berinvestasi, Bagaimana Cara Memulainya?

Sequis memiliki produk reksa dana saham buat Anda yang ingin berinvestasi serta menyiapkan dana pensiun. Silakan berkunjung ke www.sequis.co.id atau www.sequisam.co.id untuk mengetahui informasi mengenai investasi reksa dana secara lengkap.

Butuh bantuan ?