Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Belajar dari Tahun Lalu, Yuk Kelola Finansial saat Ramadan

29 Maret 2023



Sebentar lagi masuk bulan Ramadan. Dari segi finansial, pelajaran  apa yang sudah kalian petik dari Ramadan tahun lalu? Alokasi dana buat bukber sudah benar? Dana buat beli kebutuhan Ramadan sudah diamankan?

Selain menyiapkan iman dan kondisi fisik, Anda juga wajib menyiapkan pondasi keuangan yang kuat selama Ramadan kali ini. Kebiasaan belanja besar selama Ramadan harus dipikir ulang karena kondisi ekonomi diprediksi kurang menentu imbas potensi resesi global.

Intinya, Ramadan harus menjadi momentum buat Anda beribadah dan mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya sekaligus mengelola keuangan dengan menahan dari godaan promo-promo di mall serta online shop.

Kelola keuangan juga bisa dilakukan dengan membuat daftar prioritas yang dibutuhkan selama Ramadan. Misal, menyiapkan dana untuk belanja keperluan sahur dan buka puasa. Lalu biaya primer lainnya seperti bayar listrik, bayar cicilan, dan lain-lain. Selain itu, pos untuk dana darurat harusnya menjadi prioritas ketimbang dana untuk hiburan. Jangan lupa sisihkan untuk sedekah di bulan yang baik ini.

Baca Juga
Punya Penghasilan Lebih dari 1 Pos? Ini Cara Mengaturnya
Kunci Sukses Investasi: Realistis dan Jangan Latah Tren
Jenis Investasi yang Layak Dipertimbangkan Selama Resesi
Pilihan Investasi yang Bisa Anda Pilih pada Awal 2023
2023 Mau Investasi? Cek Tips Ini Dulu Agar Menuai Cuan

Beberapa perencana keuangan menyarankan agar Anda menyisihkan 20% dari pendapatan untuk digunakan sebagai dana bukber atau gaya hidup selama Ramadan. Misal gaji kamu Rp10 juta, berarti ada Rp2 juta yang dapat digunakan untuk bukber. Bila dibagi dalam 4 minggu, ada jatah Rp500 ribu yang bisa Anda gunakan untuk acara bukber. Bila nantinya masih ada sisa, uangnya dapat digunakan untuk keperluan lain selama Ramadan

Setelah bisa mengatur cash flow dengan baik, Anda bisa mulai belajar investasi. Caranya, gunakan sebagian gaji Anda untuk ditempatkan di instrumen investasi reksa dana. Jenis investasi ini cocok untuk Anda yang baru belajar invetasi jangka panjang karena risiko yang diterima tidak terlalu besar dan cenderung stabil.

Sequis Asset Management (SQAM) adalah salah satu perusahaan investasi tepercaya yang diawasi OJK. SQAM menyediakan beragam jenis investasi reksa dana mulai dari reksadana saham, pasar uang, campuran, dan pendapatan tetap. Simak produk investasi Sequis  Asset Management di sini.

Butuh bantuan ?