Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

4 Hal Penting Agar Klaim Asuransi Kesehatan Tidak Ditolak

29 Januari 2024



Kabar mengenai klaim asuransi selebriti Indonesia yang mengalami penolakan menjadi ‘buah bibir’ dalam beberapa bulan terakhir. Kabarnya, klaim ditolak karena nasabah asuransi gagal memenuhi syarat yang sudah ditentukan perusahaan asuransi.

Baca Juga: Prosedur Klaim Reimburse Asuransi Sequis

Dalam praktiknya, nasabah memang tidak bisa sembarang klaim asuransi. Setiap perusahaan asuransi sudah menetapkan syarat-syarat yang harus dilengkapi. Semua aturan dan kewajiban itu sudah tertera di polis asuransi. Jadi, pastikan Anda sudah memahami isi perjanjian yang tertulis di polis sebelum menjadi nasabah asuransi. Guna memudahkan Anda ketika klaim, silakan cermati beberapa hal berikut ini: 

Lengkapi Dokumen untuk Pengajuan Klaim Kesehatan 
Kumpulkan dan lengkapi semua dokumen serta informasi terkait pengajuan klaim. Hal yang harus disiapkan di antaranya formulir klaim dari perusahaan asuransi, invoice asli dari rumah sakit, dan berkas lainnya yang sudah ditentukan oleh perusahaan asuransi.

Baca Juga: Klaim Ditolak, Apa Saja Jenis Penolakan Klaim Asuransi?

Pastikan Polis Asuransi Kesehatan Anda Masih Aktif (Inforce)
Pastikan polis asuransi kesehatan Anda masih aktif dan tidak lapse. Agar polis tetap aktif, Anda wajib membayar premi asuransi kesehatan sesuai tenggat waktu yang sudah ditentukan.. 

Pahami Pengecualian Polis Asuransi Kesehatan 
Pahami pengecualian yang tertera di dalam polis asuransi  kesehatan yang Anda beli. Selain itu, pahami mengenai ketentuan pre-existing condition serta waiting period. Bertanya kepada agen mengenai ketentuan-ketentuan ini adalah langkah bijak agar Anda tak mengalami kendala ketika melakukan klaim.

Baca Juga: Panduan Klaim Asuransi Kesehatan Anak

Ajukan klaim segera mungkin
Perusahaan asuransi umumnya memiliki masa kedaluwarsa pengajuan klaim. Sebaiknya proses pengajuan klaim dilakukan sesegera mungkin setelah menyelesaikan pengobatan atau perawatan di rumah sakit. Apabila klaim diajukan melewati masa kedaluwarsa, perusahaan asuransi dapat menolak mencairkan uang untuk mengganti biaya pengobatan selama di rumah sakit.

Butuh bantuan ?