Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

4 Kerugian Bila Menunda Membeli Asuransi Kesehatan

11 Agustus 2022


Pandemi covid-19 menjadi bukti sahih bahwa peran asuransi kesehatan sangat krusial


Pandemi covid-19 menjadi bukti sahih bahwa peran asuransi kesehatan sangat krusial. Ketika virus covid-19 menyerang, seseorang yang sudah memiliki asuransi kesehatan bisa menjalani isolasi dengan tenang karena mendapat perawatan maksimal serta obat-obatan terbaik tanpa perlu dipusingkan dengan biayanya.

Apakah Anda sudah memiliki asuransi kesehatan? Sebaiknya beli asuransi kesehatan dari sekarang sebelum pandemi atau wabah berikutnya muncul. Bila masih menunda-nunda membeli asuransi, rasanya bakal ada risiko atau kerugian yang harus Anda tanggung pada masa depan.

Apa saja kerugian yang bisa didapat oleh seseorang yang memutuskan menunda beli asuransi kesehatan? Yuk simak penjabarannya berikut ini:

1. Premi asuransi semakin mahal
Banyak faktor yang menentukan besar premi asuransi kesehatan. Salah satunya usia calon nasabah. Premi berpotensi menjadi mahal bila calon nasabah mengajukan asuransi kesehatan ketika sudah tak lagi muda. Oleh karena itu, ada baiknya membeli asuransi kesehatan ketika masih muda dan belum punya riwayat sakit berat. Dengan begitu, Anda berpotensi mendapatkan premi asuransi kesehatan yang murah dan terjangkau.

2. Problem finansial
Beberapa orang terlalu fokus ke tabungan dan investasi saat muda tanpa menyisihkan sebagian uangnya untuk membeli asuransi kesehatan. Ini termasuk perencanaan keuangan yang keliru. Sebab, tabungan dan cuan investasi bisa mendadak habis bila Anda sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Guna menjaga keuangan tetap stabil, ada baiknya memiliki asuransi kesehatan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan perawatan optimal ketika sakit tanpa perlu menguras tabungan dan hasil investasi. 

Baca Juga
Cara Cegah Ngantuk Usai Vaksinasi Covid-19
Urutan Kelompok Prioritas Penerima Vaksin Covid-19
Rekomendasi Hampers di Masa Pandemi Covid-19
Beli Asuransi Kesehatan sebelum Covid-19 Varian Mu Menyebar
Ibu Hamil Bisa Divaksin Covid-19, Apa Saja Syaratnya?

3. Memutus rantai sandwich generation
Memiliki asuransi kesehatan adalah cara terbaik agar Anda tidak menggantungkan nasib kepada anak. Dengan adanya asuransi kesehatan, Anda bisa berobat secara mandiri saat sakit tanpa harus meminta uang dari anak. Dengan begitu, anak bisa fokus mengelola keuangan untuk keluarganya.

4. Keuangan masa tua terjamin
Anda dan pasangan tentunya sudah menyisihkan sebagian uang dari gaji bulan semasa bekerja untuk tabungan serta investasi. Salah satu tujuan yang ingin dicapai dari perencanaan keuangan itu tentunya sebagai dana hari tua atau masa pensiun. Bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau digunakan sebagai dana travelling guna menikmati masa tua. Nah, dana tersebut  bakal terpakai untuk urusan kesehatan bila Anda tidak memiliki asuransi kesehatan sejak muda. 

Butuh bantuan ?