Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

4 Makanan dan Pola Makan Sehat saat Isolasi Mandiri

22 Maret 2022



Penderita covid-19 tidak boleh asal mengonsumsi makanan dan minuman. Semua yang masuk ke mulut harus bergizi dan sehat. Dengan begitu, tubuh memiliki nutrisi yang cukup melawan infeksi virus covid-19 ketika isolasi mandiri.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi makanan (dilansir dari berbagai sumber) yang sebaiknya dikonsumsi para pasien covid-19.

1. Ikan Kembung, Tuna, Salmon
Ketiganya mengandung omega 3 yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan aktivitas sel darah putih.

2. Daging Sapi, Ayam, Telur
Daging sapi yang dikonsumsi harus tanpa lemak. Sedangkan ayam harus tanpa kulit. Protein dari daging sapi tanpa lemak, ayam, telur, dan makanan laut dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh. Beragam makanan ini juga mengandung zinc yang bertugas mengoptimalkan kinerja sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

3. Cokelat hitam, Alpukat, Bayam, dan Beras Merah
Keempat makanan itu mengandung magnesium. Nah, zat ini dapat memperkuat antibodiu saat melawan virus covid-19 dan penyakit lainnya. Menurut Kompas.com, magneisium dapat membantu sel kekebalan limfosit untuk mengikat penyakit. Dengan begitu, penyakit lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Baca Juga
Varian Omicron Sedang Marak, Jangan Lupa Miliki Asuransi
Tips Agar Tidak Boros Ketika Work from Home
Lakukan Hal Ini Agar Virus Covid-19 Tak Muncul di Kantor
Pertanyaan Paling Dicari Masyarakat Sepanjang Pandemi Covid
Hal yang Perlu Diketahui Tentang Covid-19 Varian Omicron

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Semua jenis kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung magnesium dan vitamin E. Kedua zat tersebut dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh. Usahakan mengonsumsinya dengan cara dipanggaung, bukan digoreng. 

Mengatur Pola Makanan
Selain mengonsumsi makanan bergizi, pola makan penderita virus covid-19 juga harus diperhatikan. Berikut ini anjuran dari WHO:
1. Selalu makanan buah dan sayur di setiap sesi makan
2. Untuk camilan, sebaiknya pilih kacang panggang, buah, atau sayur segar (salad).
3. Minimalkan konsumsi garam, tambahan penyedap, saus, atau aneka kecap selama isolasi mandiri.
4. Jangan mengonsumsi makanan instan (mie instan, makanan kaleng, makanan berpengawet, frozen food) selama isolasi mandiri.
5. Pilih susu rendah lemak.
6. Banyak minum air putih
7. Batasi asupan gula, makanan manis, dan minuman manis

Butuh bantuan ?