Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

5 Ciri-Ciri Investasi Bodong yang Diidentifikasi OJK

24 Maret 2023



Pernah dapat tawaran investasi dengan untung besar? Hati-hati, bisa jadi itu investasi bodong. Agar terhindar dari penipuan investasi, Anda harus mengenali modus penipuan investasi bodong yang marak terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Berikut ini beberapa modus penipuan investasi bodong yang sudah diidentifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

1. Menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat
2. Produdk dan proses bisnis investasi tidak jelas
3. Menawarkan komisi atau bonus untuk merekrut anggota baru
4. Pengembalian investasi macet di tengah-tengah
5. Tidak memiliki izin resmi

Tips menghindari investasi bodong
1. Legal: cek legalitas perusahaan dan produk investasi. Anda patut curiga bila mereka tidak memiliki izin dari lembaga yang berwenang.
2. Logis: cek untung yang ditawarkan. Dalam beberapa kasus, investasi bodong kerap menawarkan keuntungan yang tidak logis atau tidak masuk akal. Misal, menawarkan keuntungan investasi yang terlalu muluk seperti "bisa untung 100%", "dijamin bikin kaya", atau "tahun depan pasti untung".  

Ingat, tiap investasi mengandung risiko. Artinya, investasi tidak melulu berujung meraup keuntungan. Dalam beberapa kondisi, investasi bisa menimbulkan kerugian atau penurunan nilai modal. Investasi bisa mendatangkan cuan bila dilakukan secara tepat dan analisis funadamental serta teknikal yang cermat.

Jadi, ada baiknya memilih instrumen investasi dan legalitas perusahaan yang tepat. Contohnya investasi reksa dana yang dikelola oleh Sequis Asset Management. Sequis Asset Management merupakan perusahaan manajer investasi yang kredibel dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta menawarkan banyak produk investasi reksa dana yang bisa Anda pilih, di antaranya:  

1.    Reksa Dana Sequis Equity Indonesia dan Reksa Dana Sequis Equity Maxima, investasi reksa dana saham, bertujuan memperoleh pengembalian dari pertumbuhan pasar saham jangka panjang.
2.    Reksa Dana Sequis Balance Ultima, investasi reksa dana campuran yang bertujuan memperoleh tingkat pengembalian yang optimal melalui investasi di pasar saham, obligasi, dan pasar uang.
3.    Reksa Dana Sequis Bond Optima, investasi reksa dana pendapatan tetap untuk memperoleh pengembalian yang stabil melalui investasi yang dilakukan pada obligasi dan pasar uang
4.    Reksa Dana Sequis Liquid Prima, investasi reksa dana pasar uang yang menjaga likuiditas dan mempertahankan nilai modal melalui investasi pada pasar uang atau obligasi dengan periode di bawah 1 tahun dengan pengembalian yang stabil.

Butuh bantuan ?