Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

5 Hal Esensial yang Wajib Dimengerti Sebelum Beli Asuransi

27 Maret 2023



Asuransi menjadi salah satu produk keuangan yang harus dipahami secara detail sebelum memutuskan untuk memiliki atau membelinya. Anda pantang memilih produknya secara asal atau memutuskan membeli produk tertentu hanya karena ikut-ikutan tetangga/keluarga/rekan kerja.
Berikut ini beberapa hal esensial yang patut Anda perhatikan sebelum membeli asuransi kesehatan/asuransi jiwa

Polis
Asuransi kesehatan memiliki banyak manfaat. Dan semua manfaat itu bisa Anda lihat di dalam polis. Jadi, membaca polis secara cermat mesti dilakukan agar Anda terhindar dari hal yang tidak diinginkan pada masa depan. Misal kejadian gagal klaim atau ada penyakit/biaya rumah sakit yang tidak terproteksi.

Manfaat Produk
Produk asuransi sudah sangat banyak pada saat ini. Tiap perusahaan asuransi memiliki asuransi unggulan dengan manfaat yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, teliti sebelum membeli. Pastikan asuransi kesehatan yang sedang dicari memberikan manfaat asuransi sesuai kebutuhan. Bila Anda ingin membeli asuransi penyakit kritis, cari tahu dulu jenis penyakit kritis yang ditanggung.

Bila sudah berkeluarga, Anda bisa pilih asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Manfaat asuransi jiwa akan sangat dibutuhkan bila pemberi nafkah utama mengalami nasib sial berupa cacat total tetap atau meninggal dunia. Uang Pertanggungan dari manfaat asuransi jiwa bisa menopang ekonomi keluarga setelah pencari nafkah utama mengalami musibah.

Anda juga bisa mempertimbangkan asuransi kesehatan yang memiliki manfaat asuransi untuk anak. Anak perlu diproteksi karena usia balita rentan terserang virus dan membutuhkan perawatan di rumah sakit. Bila tidak diproteksi, tabungan Anda berpotensi habis untuk membayar biaya perawatan kesehatan anak.

Rider
Bila Anda merasa perlu menambahkan rider asuransi kesehatan lainnya, pastikan penambahan ini disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan. Jangan sampai manfaat asuransi tumpang tindih dengan produk kesehatan sebelumnya.

Klaim
Cara pembayaran klaim juga perlu Anda perhatikan. Lebih baik menggunakan sistem cashless dibanding reimbursement. Dengan cashless, Anda hanya perlu memberikan kartu kesehatan pada saat mengisi formulir di bagian administrasi. Lantaran semua biaya langsung dibebankan ke perusahaan asuransi, Anda tidak perlu keluar uang bayar biaya perawatan di rumah sakit.

Rumah Sakit Rekanan
Kesempatan mendapat perawatan optimal di rumah sakit terbaik menjadi manfaat asuransi lainnya yang bisa Anda rasakan. Di asuransi kesehatan swasta, nasabah diberi kebebasan memilih tempat perawatan di rumah sakit rekanan perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia hingga di luar negeri. Saat tertimpa musibah sakit, nasabah dapat langsung mengunjungi RS rekanan terdekat untuk segera mendapatkan perawatan atas sakit yang diderita. Oleh karena itu, bila ingin mendapatkan kemudahan dalam mencari rumah sakit, cek rumah sakit rekanan perusahaan asuransi yang ingin dituju. Semakin banyak rumah sakit rekanan, semakin baik pula asuransi kesehatan tersebut.  Terakhir, pastikan Anda disiplin membayar premi asuransi agar manfaat asuransi bisa digunakan.

Sequis menyediakan pilihan perlindungan yang didesain memiliki manfaat asuransi yang dibutuhkan oleh nasabah. Cari tahu di manfaat asuransi yang Anda butuhkan di www.sequis.co.id atau hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 dan WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?