Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

5 Hal Wajib yang Perlu Dipikirkan Sebelum Beli Mobil

28 Desember 2022



Apa kriteria yang harus dimiliki seseorang untuk masuk kategori mapan? Jawabannya pasti beragam. Namun biasanya, tingkat kemapanan seseorang dikaitkan dengan memiliki mobil. Anggapan yang tidak salah mengingat harga mobil tidaklah murah.

Generalisasi mobil sebagai batas kemapanan secara tidak langsung masuk ke dalam alam bawah sadar masyarakat. Tak heran, ada yang sampai rela membeli mobil meski kondisi keuangan tidak mendukung. Bahkan, ada pula yang sudi membayar cicilan mobil tiap bulan demi memiliki kendaraan roda empat padahal rumah tidak memiliki fasilitas parkir.

Yuk jadi masyarakat yang bijak. Jangan tergesa-gesa memiliki mobil bila belum siap secara finansial dan fasilitas pendukung lainnya. Pikirkan hal-hal berikut ini terlebih dahulu secara matang sebelum Anda 'ketuk palu' memiliki kendaraan roda empat.

1. Ketersediaan Tempat Parkir
Tidak memiliki tempat parkir hanya akan menyulitkan Anda dan membuat gaduh lingkungan sekitar. Tanpa tempat parkir yang amat, risiko kecurian dan kerusakan bakal selalu ada. Selain itu, lingkungan rukun tetangga juga berpotensi gaduh karena akses jalan mereka terganggu keberadaan mobil Anda.

Baca Juga
Hindari Kecelakaan, Ini Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol
Mengelola Uang Bila Mendadak Tajir seperti Miliuner Tuban
Miliuner Tuban, Bahaya Bila Tak Memiliki Rencana Keuangan
Manfaat Asuransi untuk Membantu Mengatur Keuangan
Cara Mengatur Keuangan Setelah Menikah

2. Kesiapan Mental
Memiliki mobil akan menguras emosi dan keuangan Anda. Anda harus 'legowo' bila sewaktu-waktu ditabrak atau menabrak saat berkendara. Bila itu terjadi, Anda harus mengeluarkan uang untuk reparasi mobil sendiri dan kendaraan orang lain yang ditabrak/tertabrak.

3. Biaya Parkir
Reparasi kendaraan bukan satu-satunya pengeluaraan tidak terduga yang harus siap Anda bayarkan ketika sudah memiliki mobil. Selain itu, Anda juga harus siap mengeluarkan kocek besar untuk bayar parkir. Terutama bila Anda berdomisili di Jabodetabek. Di wilayah itu, harga parkir berkisar Rp4-5 ribu per jam. Jumlah yang harus dibayarkan bisa lebih besar bila Anda parkir di pusat perbelanjaan atau di wilayah-wilayah perkantoran.

4. Biaya Tol dan Bensin
Setiap kota besar cenderung macet pada jam-jam sibuk (07.00-09.00 dan 16.00-17.00). Nah, mobil cenderung boros bensin bila melaju di kemacetan. Alhasil, Anda perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar bila ingin menggunakan mobil untuk pergi-pulang kantor. Pengeluaran bisa makin membengkak bila Anda harus lewat jalan tol.

5. Biaya Pajak STNK Tahunan
Pajak STNK harus rutin dibayar setiap tahun. Alhasil, Anda harus mengatur keuangan agar kewajiban ini tidak terlewat. Biaya pajak STNK yang harus dibayarkan bervariasi tergantung jenis dan tahun mobil. Biasanya berkisar di angka Rp1 jutaan hingga puluhan juta Rupiah per tahun.
 

Butuh bantuan ?