Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

5 Jenis Asuransi yang Anda Butuhkan

6 Januari 2023



Asuransi ada banyak. Tiap jenis asuransi juga memiliki proteksi yang berbeda. Ada yang memproteksi kesehatan, finansial, kendaraan, hingga properti. Kira-kira, apa asuransi yang Anda butuhkan? Agar mendapatkan asuransi yang tepat, yuk cek penjelasan berikut ini.

1. Asuransi kesehatan
Asuransi ini memproteksi kesehatan serta finansial Anda. Asuransi kesehatan memungkinkan nasabah mendapatkan perawatan serta pengobatan secara cepat dan tepat di rumah sakit. Asuransi kesehatan juga memproteksi finansial Anda karena biaya tagihan rumah sakit bakal ditanggung oleh rumah sakit. Dengan begitu, tabungan Anda tidak perlu digunakan untuk membayar tagihan rumah sakit.

Manfaat asuransi kesehatan bisa berupa:
a. Penggantian biaya tagihan rawat jalan
b. Santunan harian biaya rawat inap
c. Pertanggungan atas biaya operasi
d. Pertanggungan atas kematian

Asuransi kesehatan dibutuhkan oleh setiap orang. Namun patut diingat, asuransi kesehatan juga memiliki beragam jenis pertanggungan. Oleh karena itu, pastikan asuransi kesehatan yang bakal Anda beli sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga
Kredibilitas Perusahaan Asuransi, Bagaimana dengan Sequis?
Nyaman Berobat ke Luar Negeri dengan Asuransi Kesehatan
10 Tips Memilh Asuransi Kesehatan Keluarga di Tengah Pandemi
2 Jenis Prosedur Klaim di Asuransi Kesehatan
Waspada Kanker Payudara, Yuk Lindungi Diri dengan Asuransi

2. Asuransi jiwa
Asuransi jiwa menangung risiko yang ditimbulkan oleh kematian atau cacat total tetap. Pencari nafkah utama menjadi Tertanggung dalam asuransi ini. Nantinya, perusahaan asuransi akan memberikan Uang Pertanggungan (UP) kepada ahli waris bila Tertanggung mengalami salah satu dari dua risiko tersebut.
UP dari perusahaan asuransi diharapkan bisa menyelamatkan finansial keluarga setelah kehilangan pendapatan dari pencari nafkah utama.
Manfaat asuransi jiwa bisa berupa:
a. Uang yang diberikan bila ada risiko kematian, atau
b. Uang yang diberikan bila Tertanggung tidak lagi bisa bekerja karena risiko cacat total dan tetap

3. Asuransi pendidikan
Menjamin ketersediaan dana untuk pendidikan anak menjadi tugas utama asuransi ini. Perusahaan asuransi bakal mencairkan dana yang bisa digunakan oleh orang tua untuk membayar biaya sekolah anak. Waktu pencairan dana bisa ditentukan sejak awal, misal saat anak masuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), atau saat masuk ke Perguruan Tinggi. Dengan skema seperti ini, anak bisa leluasa memilih sekolah yang dituju karena ketersediaan dana sudah dijamin oleh perusahaan asuransi. Selain itu, pendidikan anak juga tidak mendadak terbengkalai bila finansial keluarga terganggu akibat musibah yang dialami orang tua. Sebab, perusahaan asuransi juga bakal mencairkan dana bila Tertanggung (orang tua) meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap.

4. Asuransi penyakit kritis
Jenis asuransi ini secara khusus melindungi diri Anda dari ancaman penyakit kritis seperti kanker, serangan jantung, diabetes, dan stroke. Asuransi ini cocok dimiliki oleh seseorang dengan riwayat penyakit kritis di dalam keluarga, misal orang tua pernah mengidap salah satu dari daftar penyakit kritis tersebut.

5. Asuransi kecelakaan
Sesuai namanya, asuransi ini bakal menanggung risiko finansial yang disebabkan oleh kecelakaan. Penggantian biaya bisa dalam bentuk pembayaran tagihan operasi atau pertanggungan atas kematian yang terjadi akibat kecelakaan. Namun asuransi kecelakaan biasanya tidak memberikan penggantian biaya atas kerusakaan kendaraan usai terjadi kecelakaan.

Butuh bantuan ?