Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

6 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi untuk Tubuh

4 Januari 2023



Berjemur pada pagi hari menjadi rutinitas kebanyakan orang pada awal-awal masa pandemi covid-19. Kala itu, masyarakat berbondong-bondong menyempatkan waktu untuk berjemur pada pukul 07.00-08.00 dengan harapan tubuh bisa mendapatkan asupan vitamin D serta meningkatkan imunitas.

Sebetulnya, vitamin D bukan satunya-satunya manfaat yang bisa didapat dari berjemur sinar matahari. Beragam manfaat lain bakal didapat tubuh asal berjemur pada waktu yang tepat. Bila dilakukan saat siang hari dan sedang terik, berjemur sinar matahari justru berbahaya bagi kesehatan lantaran terpaan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan.

Berikut ini beberapa manfaat berjemur sinar matahari bagi tubuh seperti dilansir oleh Healthline:
1. Meningkatkan kualitas tidur
Paparan sinar matahari diklaim bisa membantu tubuh meregulasi jam biologis sehingga kualitas tidur seseorang bakal lebih baik pada malam hari. Oleh karena itu, paparan sinar matahari pada pagi hari baik untuk seseorang yang menderita insomnia.

Baca Juga
Mewaspadai dan Mengenali Tanda-tanda Gagal Jantung
Ragam Langkah Antisipasi Menghadapi Teror Gagal Jantung
Penyakit Jantung di Wanita: Kenali, Cegah, dan Lindungi
4 Kebiasaan Buruk Anak Muda yang Memicu Serangan Jantung
Pelajaran dari Gagal Jantung Pemain Denmark, Eriksen

2. Menurunkan berat badan
Sinar matahari pagi ternyata membantu mengurangi lemak di dalam tubuh. Terutama lemak yang berada di bawah kulit. Kemampuan tubuh memecah lemak bakal lebih efektif bila Anda berjemur matahari pagi dengan sambil berolahraga.

3. Menjaga kesehatan mental
Sinar matahari pagi yang 'menghujam' tubuh mendorong terciptanya hormon serotinin. Hormon ini berguna untuk memberikan energi dan mengatur suasana hati. Oleh karena itu, berjemur sinar matahari pagi juga berguna menghindarkan seseorang dari beberapa gangguan kesehatan mental seperti depresi.

4. Menjaga kesehatan kulit
Mendapatkan terpaan sinar matahari pagi bisa membantu kulit melakukan regenerasi. Alhasil, masalah kulit seperti jerawat, penyakit kuning, eksim, serta peradangan kulit bisa dihindarkan. Namun, Anda dianjurkan berjemur matahari pagi di bawah 15 menit bila Anda sudah kadung menderita salah satu dari penyakit kulit tersebut.

5. Mencegah kanker
Berjemur matahari pagi menjadi satu dari sekian banyak tindakan yang bisa dilakukan seseorang dalam upaya pencegahan penyakit kanker. Menurut Healthline, sinar matahari pagi bisa menghindarkan seseorang dari kanker usus besar, kanker ovarium, kanker pankreas, dan kanker prostat.

6. Menjaga kesehatan tulang
Paparan sinar matahari ditubuhkan tubuh untuk memproduksi vitamin D. Nantinya, vitamin D berguna bagi kesehatan tulang sehingga bisa terhindar dari osteoporosis (pengeroposan tulang) dan osteomalasia (penyakit tulang lunak).

Butuh bantuan ?