Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ada Ancaman Resesi, Buat Resolusi Keuangan yang Tepat

27 Januari 2023



Awal tahun identik dengan tradisi membuat resolusi. Termasuk resolusi keuangan. Sebelum membuat resolusi, biasanya diawali dengan evaluasi pencapaian finansial selama satu tahun terakhir dan membuat daftar rencana keuangan untuk tahun yang baru.

Di tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti, menyiapkan tabungan, dana darurat, dan investasi jangka panjang harus masuk dalam daftar resolusi keuangan Anda. Tujuannya, keuangan Anda tetap stabil walau krisis ekonomi melanda dan Anda memiliki tujuan keuangan yang jelas selama satu tahun ke depan.

Untuk memudahkan Anda menyiapkan resolusi keuangan dan rencana investasi jangka panjang, berikut ini kami berikan kiat-kiatnya:

1. Catat arus keuangan
Catat jumlah uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bayar cicilan, tabungan, dana darurat, investasi, hingga keperluan untuk pemenuhan gaya hidup. Usahakan mengeluarkan uang berdasarkan catatan tersebut agar tidak melebihi pendapatan per bulan.

2. Bijak Dalam Menggunakan Kartu Kredit dan Fitur Pay Later
Menggunakan kartu kredit dan fitur pembayaran pay later juga harus masuk dalam catatan evaluasi Anda pada 2022. Intinya, berhati-hatilah dengan transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit dan pembayaran pay later. Utamakan membeli sesuatu dengan uang tunai. Bila ingin bayar menggunakan skema cicilan, pastikan Anda bisa membayarnya ketika memasuki tenggat waktu. Jangan beli/kredit barang baru sebelum transaksi kartu kredit sebelumnya dilunasi.

Baca Juga
4 Cara Mengatur Cash Flow Guna Hadapi Resesi 2023
Problem Finansial yang Harus Dibahas dengan Pasangan
Di PHK jelang Resesi 2023? Lakukan Tips Atur Keuangan Ini
Asuransi Melindungi Kesehatan dan Cegah Krisis Finansial
Strategi Menyiapkan Tabungan Pensiun, Anak Muda Perlu Paham

3. Jangan Biasakan Gaya Hidup Konsumtif
Tinggalkan gaya hidup konsumtif. Sebab, gaya hidup seperti itu akan mengganggu dan membahayakan kondisi finansial. Caranya cukup mudah. Hindari kebiasaan membeli barang hanya karena ‘lapar mata’ dan sebetulnya tidak dibutuhkan. Anda bisa mengalihkan dana ini untuk ke pengeluaran yang lebih bernilai seperti melakukan investasi jangka panjang.

4. Tingkatkan Dana untuk Investasi dan Tabungan
Mulailah berinvestasi dan menabung. Investasi bisa dimulai di instrumen investasi reksa dana pasar uang atau reksa dana pasar saham. Sedangkan menabung bisa dilakukan dengan menyimpan sebagian uang hasil pendapatan per bulan ke bank atau membeli emas. Ingat, buat target yang sesuai dengan kemampuan Anda.

5. Siapkan Dana Darurat
Banyak hal tidak terduga bakal terjadi pada masa depan. Salah satunya ancaman resesi ekonomi 2023. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memiliki dana darurat. Uang dari pos ini sangat berguna bila Anda mengalami nasib sial berupa kecelakaan, PHK, atau sekadar harus servis mobil serta membetulkan atap rumah yang bocor.

Butuh bantuan ?