Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Alur Penutupan Polis Asuransi, Layak Diketahui Agar Tak Rugi


Ada beragam istilah yang tertera dalam sebuah asuransi. Salah satunya adalah istilah polis


Persis seperti ketika membeli asuransi, proses menutup polis juga harus melewati beberapa aturan atau prosedur yang sudah ditetapkan perusahaan asuransi. Tujuannya, Anda bisa menyelesaikan kerja sama dengan perusahaan asuransi tanpa ada pembayaran yang 'nyangkut'. Penutupan polis yang sesuai prosedur juga memungkinkan Anda mendapatkan hak bila ada nilai tunai yang terbentuk dari asuransi yang selama ini dimiliki.

Berikut adalah langkah-langkah umum yang biasanya diperlukan untuk menutup polis asuransi:

1. Periksa Kebijakan Polis
Baca kebijakan polis dengan teliti untuk memahami ketentuan tentang pembatalan atau penutupan polis. Perhatikan bila ada konsekuensi atau biaya yang terkait dengan penutupan polis sebelum jangka waktu yang ditentukan.

2. Hubungi Perusahaan Asuransi
Hubungi perusahaan asuransi yang menerbitkan polis Anda dan informasikan tentang niat Anda untuk menutup polis. Pastikan Anda memiliki informasi dan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti nomor polis, identitas pemegang polis, dan alasan penutupan polis.

3. Ajukan Permohonan Penutupan
Perusahaan asuransi biasanya akan meminta Anda untuk mengisi formulir atau mengajukan permohonan tertulis untuk menutup polis. Ikuti petunjuk dan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan.

Baca Juga
Istilah Penting dalam Polis Asuransi Jiwa
Serba-serbi Polis dan Tata Cara Tutup Polis Asuransi
Kiat-kiat Memahami Polis Asuransi Pendidikan Anak
Sudah Terima Polis? Jangan Lupa Manfaatkan Free Look Period
Kapan Waktu yang Tepat Mengevaluasi Polis Asuransi Jiwa?

4. Proses Administrasi
Setelah permohonan Anda diterima, perusahaan asuransi akan memproses penutupan polis. Mereka akan memverifikasi informasi dan melakukan proses administrasi yang diperlukan.

5. Pengembalian Premi atau Nilai Tunai
Bila polis Anda memiliki nilai tunai atau premi yang belum digunakan, perusahaan asuransi akan mengembalikan jumlah tersebut kepada Anda sesuai dengan ketentuan polis. Namun, perlu diingat bahwa ada kemungkinan muncul potongan atau biaya administrasi yang dikenakan dalam proses ini.

6. Konfirmasi Penutupan
Setelah proses penutupan selesai, pastikan untuk mendapatkan konfirmasi tertulis dari perusahaan asuransi yang menyatakan bahwa polis telah ditutup secara resmi.

Butuh bantuan ?