Apa Saja Faktor Penentu Besaran Premi Asuransi Jiwa?

17 Juli 2020



Semakin mapan usia seseorang, semakin besar hasrat orang tersebut untuk meraih keamanan finansial yang salah satunya dapat diusahakan dengan memiliki asuransi jiwa. Keamanan dalam ranah keuangan baik bagi seorang individu maupun keluarga adalah kemampuan untuk mendapatkan sumber daya yang stabil sehingga mampu mendukung standar hidup yang diinginkan baik untuk masa kini maupun mendatang.

Untuk mencapai keamanan finansial, banyak orang yang mencari pekerjaan dengan prinsip keberlanjutan dimana pekerjaan mereka tidak hanya dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan harian namun juga diharapkan sanggup dipertahankan selama mungkin selama masa produktif. Setelah memaksimalkan pekerjaan yang didapat, pengelolaan keuangan berlanjut pada bagaimana seseorang menyusun anggaran keuangan yang tidak hanya sekadar mementingkan hidupnya saat ini. Pengelolaan keuangan ini juga harus sedapat mungkin memberikan ruang bagi pengelolanya untuk menyisihkan uang.

Salah satu cara paling konvensional untuk mengelola penghasilan adalah dengan menyimpan uang di bank. Dengan besarnya laju perubahan harga barang dan jasa akibat inflasi, apakah Anda yakin bahwa cara ini masih relevan di masa sekarang? Tidakkah ada cara lain yang lebih efektif daripada hanya sekadar mengendapkan dana potensial tersebut?

Jika Anda mencari cara lain untuk mewujudkan keamanan finansial yang dicita-citakan, asuransi jiwa akanbisa membantu Anda lebih efektif dalam mengelola keuangan. Sebagai penyeimbang anggaran keuangan yang Anda buat tiap bulannya, faktor penentu besaran premi yang akan Anda bayarkan patutdisesuaikan dengan kemampuan Anda. Guna memprediksi biaya bulanan untukasuransi , perhatikan faktor-faktor penentu sebagai berikut:

1.    Umur saat ini
Umur terbaik untuk mendapatkan biaya premi yang terjangkau   adalah di bawah 30 tahun. Pada usia tersebutseseorang diasumsikan memiliki rentang masa aktif bekerja yang lebih panjang dibandingkan dengan orang-orang berusia lebih tua. Walaupun demikian, bagi Anda yang memiliki usia lebih dari 30 tahun tidak perlu berkecil hati karena asuransi jiwa tetap bisa dimilikiasalkan semua prosedur pengajuan asuransi jiwa berjalan sesuai ketentuan. 

2.    Durasi Pertanggungan
Durasi pertanggungan yang panjang biasanya akan menyebabkan biaya premiyang lebih besar dibandingkan dengan durasi pertanggungan menengah atau pendek. Bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa Anda telah memilih durasi pertanggungan yang disesuaikan dengan kondisi Anda di masa depan? Hitunglah usia orang-orang yang harus Anda tanggung biaya hidupnya, sebagai contoh anak Anda. Seorang anak idealnya akan mandiri secara finansial pada usia kurang lebih 25 tahun. Durasi pertanggungan yang ideal dapat dihitung dengan mencari selisih antara usia mandiri yaitu 25 tahun dikurangi dengan usia anak Anda saat ini.

3.    Profesi
Estimasi biaya premiwajib juga menimbang profesi yang Anda tekuni. Profesi dengan risiko kecelakaan yang tinggi akan berpengaruh pada besaran nilai uang yang harus Anda bayar setiap bulannya. Sebagai pembandingnya, jika Anda bekerja di sektor yang relatif aman, maka besaran premi yang harus Anda harus bayarkan cenderung terjangkau. Gaya hidup
Gaya hidup yang Anda jalani saat iniakan memengaruhi kesehatan Anda di masa mendatangJika Anda ingin mendapatkan keringanan biaya premitiap bulan, cobalah untuk menjalani gaya hidup sehat sejak dini. 

Apabila kekhawatiran akan besaran premimerupakan alasan Anda enggan untuk mulai memiliki asuransijiwa, maka Anda perlu menilik produk dari Sequis di sini. Sequis telah menciptakan produk-produk asuransi jiwa yang terjangkau untuk masyarakat namun tetap mampu memberikan proteksi yang maksimal, contohnya Financial Smart Life yang memiliki keunggulan masa proteksi hingga 100 tahun dengan jangka waktu pembayaran mulai dari 10 tahun. Produk ini juga memiliki manfaat nilai tunai dan jaminan Uang Pertanggungan (UP) hingga 250 juta dengan premi yang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 2.500,- per hari. Penasaran? Silakan mencari tahu produk Sequis lebih dalam dengan menghubungi Sequis Personal Assistant di sequis.co.id atau menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929.

Butuh bantuan ?