Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Apa Saja Jenis Investasi Jangka Panjang yang Aman dan Cuan?

20 April 2022


Investasi jangka panjang adalah salah satu jenis investasi dengan menanamkan modal dana secara berkala dan dapat dicairkan setelah jangka waktu tertentu. Biasanya, dana baru bisa ditarik dalam waktu tiga hingga lima tahun. 

Ada berbagai alasan yang diutarakan investor ketika menarik dana investasi. Menurut survei Investopedia, persentase terbesar karena dana bakal digunakan untuk membeli rumah. Ada pula yang digunakan untuk biaya pernikahan.

Apapun alasannya, investasi jangka panjang sangat direkomendasikan untuk dilakukan oleh masyarakat. Dengan begitu, masyarakat memiliki kesempatan untuk meningkatkan nilai uang yang dimiliki pada masa depan.

Lalu, apa saja investasi jangka panjang yang aman untuk dipilih?

Baca Juga
Investasi Jangka Panjang:  Reksa Dana Sequis Equity Indonesia
Investasi Jangka Panjang:  Reksa Dana Sequis Equity Maxima
Memahami Strategi Investasi Jangka Panjang
Alasan Anda Harus Memiliki Investasi Jangka Panjang
Wujudkan Liburan dengan Investasi Jangka Panjang

1.    Emas
Jenis investasi ini terbilang menguntungkan karena harga emas stabil dan cenderung konsisten naik tiap tahun. Kenaikan harga emas bakal sangat terasa bila Anda sudah memilikinya selama 3-5 tahun. Tengok saja harga emas semasa pandemi covid-19 yang pernah mencapai lebih dari Rp1 juta per gram. Padahal bobot yang sama hanya berada di kisaran harga Rp500 ribuan pada 2014-2015.

2.    Saham
Imbal hasil dari investasi saham di pasar modal cukup menggiurkan. Asal, investor tahu cara berinvestasi yang baik dan benar. Contoh cuan dari investasi saham bisa Anda lihat dari pergerakan harga emiten Antam (ANTM). Harga saham ANTM cuma 765 per lembar pada Februari 2017. Kini per 24 Februari 2022, harga ANTM berada di kisaran 2.200-an per lembar. Itu artinya, Anda sudah cuan sekitar 190 persen bila sudah membeli saham ANTM pada Februari 2017. 

3.    Properti
Selain emas dan saham, properti juga banyak digunakan oleh masyarakat untuk investasi jangka panjang. Namun, masyarakat butuh modal besar untuk memulai investasi ini. Bila punya modal yang cukup, investasi properti potensial memberikan keuntungan besar pada masa depan (5-10 tahun mendatang).

4.    Reksa dana saham
Reksa dana saham cukup popular di masyarakat pada saat ini. Investasi reksa dana saham mirip dengan investasi saham di pasar modal. Bedanya, dana Anda bakal dikelola oleh Manajer Investasi. Jadi, Anda tidak perlu memahami pergerakan harga di pasar modal secara spesifik.

Nah, info-info mengenai reksa dana saham bisa Anda cek di www.sequis.co.id. Bila ada pertanyaan, Anda bisa hubungi Customer Service di (62-21) 522 3288, atau email ke care@sequisam.co.id setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

 

Butuh bantuan ?