Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Apakah Investasi Reksa Dana Bisa Rugi?



Pertanyaan seperti itu muncul paling sering di fitur pencarian Google ketika membahas mengenai investasi reksa dana. Bila dilihat sekilas, bisa disimpulkan bahwa masyarakat sebetulnya ingin berinvestasi reksa dana namun masih takut dengan kerugian yang berpotensi didapatkan.

Sama seperti investasi lainnya, investasi reksa dana juga punya risiko dan nilai investasi bisa mengalami kerugian. Sebab, nilai investasi dalam reksa dana dapat berfluktuasi sesuai dengan perubahan nilai pasar. Bila kinerja investasi dalam reksa dana mengalami penurunan, nilai investasi Anda juga dapat turun dan Anda dapat mengalami kerugian.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai investasi reksa dana meliputi pergerakan pasar, kondisi ekonomi, kinerja perusahaan, atau kondisi politik.

Patut diketahui pula bahwa reksa dana juga memiliki potensi keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan simpanan tradisional. Tingkat risiko dan potensi keuntungan dapat bervariasi tergantung pada jenis reksa dana yang Anda pilih. Misalnya, reksa dana saham memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan reksa dana obligasi.

Baca Juga
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana
Potensi Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana
Langkah Mudah dalam Melakukan Investasi Reksa Dana
Menjelang 2022, Yuk Belajar Investasi Reksa Dana
Kenali Risiko Berinvestasi di Reksa Dana

Menurut Kompas.com dalam sebuah pemberitaannya pada pertengahan 2022, investasi reksa dana pasar uang memiliki kinerja baik walau kondisi ekonomi Indonesia dan pasar global sedang terpuruk imbas penyebaran virus Covid-19.

Selain berkinerja baik, investasi reksa dana pasar uang dinilai lebih aman dibanding investasi lainnya. Ini karena modal Anda akan dikelola oleh MI ke instrumen yang beragam termasuk ke yang terbilang stabil seperti deposito dan surat utang jangka pendek.

Selain itu, instrumen investasi ini bersifat likuid atau mudah dicairkan. Sebuah nilai positif di tengah ketidakpastian ekonomi imbas pandemi. Jadi, investasi ini cocok dilakukan oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai tabungan dan dana darurat.

Bila Anda tertarik untuk mencoba reksa dana, sebaiknya hati-hati dalam memilih lembaga penyedia atau Manajer Investasi (MI). Salah satu tempat yang menyediakan investasi reksa dana dan didukung oleh MI yang profesional di Indonesia adalah Sequis. Sequis Aset Manajemen menyediakan beragam pilihan reksa dana, yaitu pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Apabila ingin mengetahui perbedaan dan potensi keuntungan produk-produk tersebut, silakan berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant melalui live chat di halaman sequis.co.id atau menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21)2994 2929. Yuk, mari memulai investasi di reksa dana.

Butuh bantuan ?