Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Apa itu Asuransi Jiwa Dwiguna? Yuk Ketahui Keuntungannya

10 Januari 2020



Asuransi jiwa adalah program perlindungan dalam bentuk pengalihan risiko ekonomi atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Asuransi jiwa perlu kita miliki dengan tujuan agar kebutuhan ekonomi tidak terganggu akibat terjadinya risiko terhadap pencari nafkah selama masa produktif.

 

Asuransi jiwa memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Anda harus memahami jenisnya terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli. Ini bertujuan agar produk yang Anda pilih sesuai kebutuhan.

 

Salah satu perlindungan jiwa yang paling populer adalah asuransi jiwa dwiguna. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa manfaat asuransi jiwa dwiguna.

 

  1. Sebagai nasabah, Anda memiliki hak untuk klaim sejumlah dana nilai tunai tanpa harus menunggu masa kontrak berakhir. Namun pengambilan Uang Pertanggungan (UP) harus sesuai dengan perjanjian yang dibuat di awal.
  2. Klaim dapat diajukan tidak hanya atas dasar terjadinya risiko meninggal dunia. Anda juga dapat mengambil nilai tunai yang ada untuk dana pendidikan anak, misalnya saat buah hati hendak masuk kuliah, hingga dana pensiun.
  3. Saat kontrak berakhir dan Tertanggung masih hidup,  premi yang dibayarkan tidak akan gugur atau hilang. Uang yang selama ini dibayarkan kepada perusahaan penyedia jaminan dalam bentuk premi bisa diberikan kembali kepada pemilik polis dalam bentuk nilai tunai sesuai dengan perjanjian yang disepakati di awal.

 

Terlepas dari beragam manfaat tersebut, asuransi jiwa dwiguna juga memiliki kekurangan yang mesti dipahami calon nasabah. Kekurangan pertama mengenai jangka waktu dalam melakukan pengambilan uang pertanggungan atau klaim. Memang penarikan ini bisa dilakukan sebelum masa kontrak berakhir atau ketika Tertanggung meninggal dunia.

 

Namun perlu diketahui bahwa waktunya tidak bisa fleksibel. Nasabah akan diberikan jangka waktu untuk pengambilan dana ini sebelum masa kontrak berakhir. Sehingga, Anda harus jeli merencanakan penggunaan uang tersebut untuk kebutuhan yang  diprioritaskan ketika waktu penarikannya tiba.

 

Selanjutnya, jumlah dana yang dibayarkan untuk premi cenderung lebih besar disbanding asuransi jiwa murni. Anda harus mempersiapkan dana lebih setiap bulannya.

 

Nah, jika Anda tertarik dengan kelebihan produk perlindungan jenis dwiguna di atas, Sequis menyediakan beragam asuransi jiwa termasuk tipe dwiguna. Berkali-kali memperoleh penghargaan sebagai Best Life Insurance menjadi bukti bahwa produk-produk asuransi jiwa di Sequis layak diandalkan. Simak produk proteksi jiwa Sequis di sini.  

 

Jika memerlukan bantuan untuk menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial, silakan berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant di sequis.co.id. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?