Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Asuransi Kesehatan Bagian Penting dalam Perencanaan Keuangan

11 Oktober 2023



Evaluasi perencanaan keuangan penting dilakukan. Salah satu perencanaan keuangan yang baik adalah dengan memiliki asuransi kesehatan. Dengan begitu, tabungan dan cuan investasi Anda tidak bakal ‘diganggu’ oleh pengeluaran untuk kesehatan seperti biaya rumah sakit dan berobat.

Baca Juga: Asuransi untuk Rentang Usia 20-30 tahun

Pada dasarnya, perencanaan keuangan terdiri dari lima langkah. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mengevaluasi perencanaan keuangan Anda?
1.    Mengatur keuangan dengan pemenuhan biaya harian (transportasi, listrik, air, makan, dll) dengan memperhatikan pemasukan dengan pengeluaran termasuk utang. Memastikan aliran keuangan stabil.
2.    Membuat jaring pengaman dengan memastikan dana darurat, menambah jumlah tabungan, dan memiliki pertanggungan asuransi yang memadai.
3.    Meningkatkan aset dengan mengembangkan portofolio investasi untuk memenuhi tujuan finansial agar dana pensiun cukup untuk masa tua.
4.    Menjaga aset dengan memiliki dana cukup di masa tua tanpa harus membebani generasi di bawah Anda.
5.    Memberikan warisan dengan memastikan aset yang dimiliki bisa diwariskan.

Baca Juga: Punya Asuransi dari Kantor, Perlu Asuransi Kesehatan Anak?

Mengapa premi asuransi kesehatan perlu Anda masukkan ke dalam perencanaan keuangan Anda? Karena asuransi kesehatan akan menjaga aset yang sudah Anda miliki ketika ada keperluan biaya terkait kesehatan. Jadi, tabungan dan dana darurat yang sudah Anda kumpulkan tidak berkurang karena biaya perawatan kesehatan sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Dengan membayarkan premi asuransi kesehatan, Anda akan mendapatkan manfaatnya. Ada dua jenis asuransi kesehatan, yaitu asuransi kesehatan yang membayarkan biaya rawat inap atau rawat jalan. Dan yang kedua yang memberikan santunan tunai harian. Lantas, bagaimana caranya Anda bisa memenuhi biaya asuransi kesehatan?

Baca Juga: Rekomendasi Asuransi Penyakit Kritis Terbaru Milik Sequis

Pastikan kebutuhan proteksi kesehatan yang Anda perlukan karena setiap orang memiliki kondisi fisik, gaya hidup, dan juga riwayat kesehatan yang berbeda-beda. Bila dana Anda cukup banyak, tidak ada salahnya membeli proteksi kesehatan yang manfaatnya lebih luas dan komprehensif. Namun bila sebaliknya, Anda bisa memilih sesuai faktor risiko kesehatan yang Anda miliki. Pertimbangkan kemampuan Anda dalam membayar premi asuransi kesehatan. Pastikan premi tersebut tidak menjadi beban finansial.

Bagaimana Anda bisa mengetahui premi asuransi kesehatan yang sesuai dengan kondisi finansial? Anda bisa kunjungi www.sequis.co.id dan cari tahu kebutuhan Anda dengan mengisi kebutuhan yang Anda cari. Atau jika ingin berbicara langsung ke tenaga pemasar Sequis, Anda bisa isi data diri Anda di bagian Find Agent. Bila ada pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com. setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?