Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Pernah Sakit Berat, Bisa Dapat Asuransi Kesehatan Murah?

15 Maret 2024



Mengelola keuangan pribadi dapat ditempuh dengan memiliki asuransi kesehatan yang tepat. Dengan asuransi kesehatan, risiko finansial berupa biaya medis akan dialihkan kepada perusahaan asuransi. 
Meski begitu, asuransi kesehatan sebaiknya saat Anda masih sehat dan belum pernah menderita penyakit. Terutama penyakit kritis. Sebab, peluang Anda mendapat persetujuan dari perusahaan asuransi untuk memiliki proteksi jauh lebih mudah. Premi yang harus dibayarkan juga tidak besar.

Lalu, bagaimana bila Anda ingin membeli asuransi kesehatan namun pernah menderita penyakit berat? Berapa biaya premi asuransi kesehatan yang harus dibayarkan?

Baca Juga: Menyiasati Resesi dengan Asuransi Kesehatan Murah

Sebetulnya, Anda masih memiliki kesempatan mengajukan asuransi kesehatan. Namun, pengajuannya memiliki beberapa catatan dan perusahaan asuransi akan menilai terlebih dahulu kelayakan Anda menjadi nasabah karena sudah dalam tahap pre-existing condition. Sebuah kondisi saat Anda atau keluarga sudah terdiagnosis memiliki penyakit tertentu saat mengajukan asuransi. 

1.    Menerima pengajuan asuransi 
Perusahaan asuransi akan menerima pengajuan asuransi tanpa syarat khusus bila penyakit yang sudah diderita oleh calon tertanggung dianggap penyakit ringan yang tidak memberikan dampak lanjutan di masa depan (pre-existing condition)

2.    Menerima pengajuan asuransi dengan pengecualian 
Permohonan Anda diterima oleh perusahaan asuransi tetapi untuk penyakit yang sudah pernah Anda derita sebelumnya mendapatkan asuransi, tidak ditanggung oleh penyedia asuransi. Jadi, premi asuransi kesehatan yang Anda bayarkan tidak termasuk menanggung penyakit yang sudah pernah Anda derita sebelum memiliki asuransi tersebut.

Baca Juga: Asuransi Jiwa Premi Murah, Bagaimana Cara Dapatkannya?

3.    Menerima pengajuan dengan syarat tertentu 
Perusahaan asuransi menerima pengajuan asuransi dan memberikan proteksi untuk yang sudah diderita sebelum berasuransi tetapi dengan premi asuransi kesehatan yang lebih mahal dari kondisi tanpa penyakit. 

4.    Menolak pengajuan asuransi 
Perusahaan asuransi berhak menolak pengajuan asuransi Anda karena setelah melakukan seleksi risiko, penyakit yang pernah Anda derita sebelumnya sulit untuk ditanggung risikonya. Biasanya yang akan ditolak adalah seseorang yang sebelumnya menderita penyakit kritis.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan Murah Sequis untuk Keluarga

Bila Anda sudah pernah menderita penyakit tertentu sebelum memiliki asuransi, dan ternyata pengajuan Anda diterima dengan premi asuransi kesehatan yang lebih mahal, ada beberapa hal lainnya yang mesti Anda tahu terkait kenaikan premi tersebut. Premi asuransi kesehatan yang Anda dapatkan akan semakin mahal bila Anda memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti:

1.    Bila Anda memiliki kebiasaan merokok, premi asuransi kesehatan cenderung lebih tinggi daripada orang yang tidak memiliki kebiasaan merokok. 
2.    Memiliki kelebihan berat badan juga akan membuat premi asuransi kesehatan menjadi lebih mahal daripada orang yang memiliki berat badan normal. 

Sudah jelas bukan? Bila Anda tertarik untuk membeli asuransi kesehatan, dapatkan informasi ragam produknya melalui www.sequis.co.id. Bila ada pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?