Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ayo Putus Mata Rantai Generasi Sandwich dengan Asuransi

17 Oktober 2022



Pernah dengar istilah generasi sandwich? Atau Anda adalah salah satunya? Generasi sandwich adalah istilah yang merujuk ke kehidupan seorang pria maupun wanita yang memiliki rentan umur dari 30 hingga 40 tahun. Disebut generasi sandwich karena seseorang berada dalam kondisi terjepit lantaran harus menanggung hidup 3 generasi yaitu orang tuanya, diri sendiri, dan anaknya. Kondisi ini menimbulkan beban finansial yang cukup berat. Sehingga banyak di antara mereka yang tidak bisa menyiapkan dana pensiun yang memadai. Hingga akhirnya, lingkaran generasi sandwich bisa terulang. Nah, bagaimana cara memutusnya? 

1.    Siapkan dana pensiun 
Masih muda sudah memikirkan pensiun? Mungkin itu pertanyaan yang ada di benak banyak orang. Namun kenyataannya, menyiapkan dana pensiun memang dianjurkan sejak muda. 

Bila Anda berusia 25 tahun, sudah bekerja dan memiliki penghasilan memadai dan berencana pensiun pada usia 60 tahun dengan asumsi harapan hidup hingga 70 tahun. Berarti Anda memiliki waktu sekitar 35 tahun untuk menyiapkan dana pensiun.

Baca Juga
Jangan Asal Pakai Diffuser, Waspada Bahaya untuk Kesehatan
Ayo Cegah Jompo di Usia Muda
Depresi: Penyebab dan Solusinya
Sekilas Tentang Cacar Monyet yang Sudah Ada di Indonesia
Jalan Kaki, Olahraga Simpel yang Punya Banyak Manfaat

Dana pensiun bisa disiapkan dengan berbagai cara. Salah satu yang dianjurkan adalah dengan investasi. Contoh investasi yang bisa dijalankan adalah membeli saham, reksa dana, dan emas. Investasi-investasi tersebut punya potensi cuan di atas 10% sehingga tidak tergerus inflasi ketika Anda sudah memasuki usia pensiun. 

2.    Lengkapi rencana pengumpulan dana pensiun dengan manfaat asuransi kesehatan
Jangan biarkan anak menanggung biaya tagihan rumah sakit Anda. Miliki asuransi kesehatan sekarang! Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan secara optimal tanpa harus khawatir dan membebani anak dengan tagihan rumah sakit. Anda bisa memilih untuk memiliki asuransi kesehatan dari pemerintah (BPJS Kesehatan) atau dari swasta.

Baca Juga
Manfaat Apa Saja dalam Asuransi Kesehatan?
Rekomendasi Asuransi Terbaik Perusahaan Asuransi Terkemuka
Asuransi Kesehatan Terbaik 2022 Premi Murah
Daftar Produk Asuransi Kesehatan Unggulan Sequis
Memilih Asuransi Kesehatan untuk Anak, Orang Tua Wajib Paham

3.    Beli asuransi jiwa 
Dengan memiliki asuransi jiwa, dampak finansial yang ditanggung keluarga ketika pencari nafkah tutup usia bisa diperkecil. Manfaat asuransi jiwa berupa uang pertanggungan (UP) yang cair bisa menjadi bekal bagi keluarga yang ditinggalkan untuk melanjutkan hidup. Anda bisa mendapatkan manfaat asuransi jiwa dengan jumlah uang pertanggungan sesuai dengan kebutuhan keluarga di masa depan. 

4.    Berhati-hati terhadap utang
Hati-hati atas penawaran kartu kredit, paylater, hingga utang-utang dengan nominal yang besar seperti membeli motor perhiasan, tiket pesawat, hingga membeli rumah dan mobil. 

5.    Membiasakan pengelolaan keuangan yang sehat
Mengelola keuangan dengan baik memudahkan Anda untuk menjalankan rencana keuangan. Apa saja yang bisa Anda lakukan? Biasakan diri berinvestasi, menghindari utang konsumtif, menjadi wise spender dan tidak besar pasak daripada tiang. Secara rutin, evaluasi kondisi keuangan Anda. Dan yang lebih penting, miliki manfaat asuransi jiwa dan kesehatan, karena kedua hal inilah yang akan membuat rencana keuangan Anda bisa berjalan dengan lancar. Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk masa tua kelak agar tidak menjadi beban finansial keluarga dan memperpanjang siklus generasi sandwich.

Ingin tahu produk asuransi jiwa dan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Cari tahu ragam produknya melalui www.sequis.co.id. Bila ada pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 16.00 WIB.

Butuh bantuan ?