Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Bagaimana Nasabah Bisa Menghubungi Sequis

26 Agustus 2024



Kualitas sebuah perusahaan seringkali diukur dari seberapa mudah pelanggan atau nasabah dapat mengakses informasi terkait produk dan layanan perusahaan. Nasabah akan merasa puas jika saat ingin bertanya atau mengetahui suatu informasi cepat mendapat respon dari perusahaan serta ditangani dengan segera. 

Sequis, sebagai salah satu perusahaan asuransi pun senantiasa meningkatkan kualitas layanannya agar dapat melayani nasabah dengan baik. Apalagi bulan September ini adalah Hari Pelanggan. Peringatan Hari Pelanggan menjadi momen bagi Sequis untuk mengabarkan ke para nasabah dan masyarakat bahwa #SequisTetapAda untuk  mendukung Anda meraih masa depan yang lebih baik. 

Salah satu komitmen Sequis untuk melayani nasabah adalah membayar klaim dan manfaat kepada nasabah. Hal ini senantiasa dilaksanakan Sequis selama sesuai ketentuan polis. Hingga Juli 2024, Klaim & Manfaat dibayar oleh Sequis Life sebesar Rp892,97 miliar. Adapun Pendapatan Premi mencapai Rp1,71 triliun. Total Aset mencapai Rp18,75 triliun dan Rasio Pencapaian Tingkat Solvabilitas (RBC) sebesar 472%. 

Sequis menerapkan prinsip kehati-hatian dalam setiap aspek operasional termasuk dalam proses pembayaran klaim. Hal ini dilakukan untuk menjaga integritas perusahaan dan melindungi nasabah dari potensi risiko hukum serta kerugian reputasi. Misalnya saja, pada tahap awal penerimaan calon nasabah, Sequis menggunakan pendekatan Know Your Customer (KYC) untuk mengenal calon nasabah dan sebagai salah satu tindakan mitigasi risiko praktik pencucian uang.

Sequis juga konsisten menekankan pentingnya pengkinian data untuk melindungi kepentingan nasabah. Dengan data nasabah yang telah diperbarui, Sequis dapat berkomunikasi dengan nasabah lebih efektif, memberikan informasi terkait produk dan layanan Sequis, serta menyampaikan jika ada pengkinian data terkait polis yang dimiliki. Langkah ini juga sebagai upaya untuk melindungi nasabah dari potensi penyalahgunaan data atau tindak kejahatan.

Selain itu, Sequis juga mendorong nasabah yang baru menjadi nasabah Sequis untuk memanfaatkan masa Free Look Period agar dapat memahami secara lebih mendalam ketentuan dalam polis asuransinya. Kesempatan yang diberikan biasanya 14 hari kalender. Jika ada yang ingin diketahui lebih lanjut atau ada yang belum dipahami maka nasabah dapat menghubungi layanan Sequis Care.

Hal lain yang perlu diperhatikan nasabah adalah mengenai pembaruan data pribadi karena data personal bisa saja berubah, tidak lagi sama saat pembukaan polis. Misalnya alamat rumah, nomor telepon, e-mail, status pernikahan, dan pekerjaan. Oleh sebab itu, perlu  dilakukan pembaruan data.

Pembaruan data dilakukan untuk memastikan perusahaan dapat menghubungi Anda saat dibutuhkan dan agar saat pengajuan klaim syarat persamaan data dapat terpenuhi juga bertujuan untuk melindungi kepentingan nasabah sebagaimana diatur dalam Peraturan OJK Nomor 8 Tahun 2023, tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme dan Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal di Sektor Jasa Keuangan.

Hal lain yang tampaknya sederhana tapi penting diperhatikan oleh nasabah adalah memastikan polis tetap aktif agar perlindungan dapat tetap berlaku dalam jangka panjang dan demi menghindari terjadinya klaim yang tidak dibayarkan. Cara agar menjaga polis tetap aktif adalah dengan membayar premi tepat waktu. Manfaatkan fasilitas auto debet dari kartu kredit atau debet guna menghindari keterlambatan pembayaran premi.

“Semua hal yang kami informasikan tersebut kami lakukan senantiasa dengan memanfaatkan berbagai kanal komunikasi yang kami miliki, seperti layanan nasabah, media sosial, dan saat tatap muka. Informasi ini pun kami ingatkan kembali pada nasabah di Hari Pelanggan ini sebagai  bagian dari komitmen kami melayani nasabah, sebut Section Head of POS Customer Relation Sequis Delima Malau.

"Jika Anda ingin menghubungi Sequis, kami menyediakan berbagai saluran komunikasi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda. Kami selalu siap membantu Anda mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk dan layanan kami, serta menjawab segala pertanyaan atau keluhan yang mungkin Anda miliki terkait polis dan klaim asuransi,” sebut Delima.

Berikut adalah berbagai layanan nasabah yang tersedia di Sequis yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah dan masyarakat

◢    Sequis Care
Sequis Care adalah layanan pelanggan yang dapat dihubungi melalui telepon di (62-21) 2994 2929 dari Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.15 hingga 17.00 WIB atau melalui e-mail di care@sequislife.com. 

◢    WhatsApp Sequis 
Sequis juga menyediakan layanan yang memungkinkan nasabah untuk mendapatkan informasi tentang polis, mengecek klaim, mengetahui detail pembayaran premi, serta melakukan konsultasi melalui chatbot di  WhatsApp di nomor 0811-1332-222. Layanan ini dapat diakses dari Senin hingga Jumat pada pukul 08.15 hingga 17.00 WIB.  

◢    Website Sequis  
Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lengkap dan terperinci mengenai produk dan layanan Sequis, serta informasi lainnya tentang perusahaan, semua telah tersedia di  sequis.co.id. Anda dapat mengaksesnya untuk mengetahui produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan investasi reksa dana dari Sequis Aset Manajemen. 

Salah satu asuransi kesehatan unggulan Sequis adalah Sequis Q Infinite MedCare Shield Rider (IMC Shield) yang manfaatnya dapat digunakan hingga Rp12 miliar per tahun polis. IMC Shield layak dipertimbangkan karena preminya terjangkau dan nasabah bisa mendapatkan manfaat kamar dengan 1 tempat tidur saat rawat inap. 

Sequis.co.id juga menyediakan berbagai informasi dan dokumen yang dibutuhkan nasabah terkait kebutuhan pengajuan klaim, pengkinian data, dan daftar rumah sakit rekanan. Pada website Sequis juga tersedia fitur Sequis Personal Assistant yang akan membantu menjawab pertanyaan nasabah melalui live chat.

◢    Media Sosial Sequis
Sequis menyediakan tips finansial dan kesehatan melalui media sosial. Follow Facebook Sequislife OFFICIAL, X  @SequisOFFICIAL, dan instagram @sequisofficial. Selain untuk mendapatkan tips, masyarakat juga dapat bertanya melalui direct message (DM) dengan mencantumkan nama, kontak, dan nomor polis jika Anda adalah nasabah, atau nama serta nomor/email yang dapat dihubungi bagi non-nasabah 

◢    Kantor Layanan Nasabah
Nasabah juga dapat berkunjung ke National Service Center (NSC) di Sequis Center, Jl. Jendral Sudirman No. 71 atau ke Regional Service Center (RSC) yang ada di 5 kota: Medan, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Semarang. Selain NSC dan RSC, nasabah juga dapat berkunjung ke kantor pemasaran terdekat di kota masing-masing. Alamat lengkap RSC dan kantor pemasaran ada di sequis.co.id/id/contact-us.

◢    Aplikasi Sequis App, Fitur Find Agent
Sequis App dapat diunduh di App Store atau Google Play. Aplikasi ini untuk  memudahkan nasabah mengakses informasi polis, mengajukan dan memantau status klaim, mencari rumah sakit, serta mengecek tarif kamar rumah sakit. Bagi non-nasabah, aplikasi ini juga dapat diakses jika ingin mengetahui info produk dan layanan Sequis. Salah satu fitur unggulannya adalah “Find Agent” yang akan membantu calon nasabah mencari agen asuransi Sequis yang sesuai dan dengan produk asuransi Sequis yang tersedia.

◢      E-claim
E-claim adalah fasilitas pengajuan klaim kesehatan dengan total maksimal kuitansi sebesar Rp3 juta per satu rangkaian perawatan. Pengajuan dapat dilakukan melalui media elektronik, seperti e-mail dan WhatsApp, ke nomor (62-821) 1000 2929 atau melalui e-mail : eclaim@sequislife.com dengan mengirim foto dokumen klaim.  Jika pengajuan e-claim diterima sebelum pukul 14.00 WIB maka keputusan klaim akan diberikan pada hari yang sama dan jika diterima setelah pukul 14.00 WIB atau pada hari libur maka keputusan klaim akan diterbitkan pada H+1 hari kerja berikutnya.

◢    Claim Management
Bagi nasabah yang perlu mengajukan klaim secara mendesak, informasi mengenai penggunaan kartu cashless atau permohonan surat penjaminan rumah sakit dapat menghubungi Claim Management  pada hari dan jam kerja. Senin hingga Jumat, pukul 08.15-17.00 WIB, di nomor (62-21) 5223123 atau  e-mail di claim.management@sequislife.com dengan menyertakan nomor polis yang dimiliki.

◢    Teknologi Artificial Intelligence (AI)
Teknologi telah diterapkan oleh Sequis untuk membantu mempercepat klaim nasabah, mendeteksi anomali, dan mencegah penipuan, sekaligus membantu mempersonalisasi layanan dan memahami kebutuhan nasabah. AI juga dimanfaatkan Sequis untuk menganalisis teks dalam berbagai tahap, dari penawaran produk hingga pengajuan klaim. Ke depannya, Sequis berencana mengintegrasikan AI dalam underwriting, inovasi produk, dan pembuatan dokumen, serta meningkatkan akurasi operasional dan respons Customer Service.

◢    Layanan nasabah Sequis Financial 
Kami juga menyediakan layanan bagi nasabah group/ perusahaan/kredit kolektif yang dapat dihubungi pada hari dan jam kerja di No. (62 21) 29942928 atau e-mail: fscare.group@sequislife.com

◢    Asuransi Online di Super You by Sequis 
Masyarakat terutama generasi digital yang ingin mencari asuransi dengan cara cepat, mudah, dan murah dapat memanfaatkan asuransi online. Sequis juga menyediakan kanal asuransi online yang hadir dengan harga terjangkau, memberikan kemudahan akses  dan pengalaman bertransaksi secara online. Klik saja superyou.co.id dan Anda bisa langsung mendapatkan informasi, memilih, dan serta membeli produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Butuh bantuan ?