Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Baru Berkeluarga, Ini Saran Sebelum Beli Asuransi Kesehatan

17 Oktober 2023



Beragam rencana dan impian bermunculan setelah menikah. Mulai dari memiliki rumah, mengisi perabot rumah, membeli kendaraan baru, hingga rencana memiliki anak.

Anda juga punya rencana yang sama? Sebelum merealisasikan rencana itu, ada baiknya buat perencanaan keuangan yang matang terlebih dahulu. Pertama, siapkan tabungan dana dana darurat. Setelah itu, lindungi Anda dan keluarga dengan asuransi kesehatan. Dengan adanya asuransi kesehatan, Anda dan keluarga akan mendapatkan perawatan optimal saat sakit. Selain itu, Anda juga tak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk biaya pengobatan karena sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Baca Juga: 5 Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Keluarga

Urusan biaya kesehatan itulah yang akhirnya bisa menyelamatkan keuangan Anda ketika sudah menikah kelak. Dengan memiliki asuransi kesehatan, tabungan bakal tetap aman. Alhasil, berbagai tujuan yang ingin Anda gapai selama berkeluarga tidak akan terbengkalai.
 
Lantas, adakah tips terbaik untuk pasangan baru berkeluarga agar mendapatkan asuransi kesehatan yang tepat?

Pilih produk sesuai kebutuhan
Cek riwayat kesehatan keluarga sebelum membeli auransi kesehatan. Seseorang punya potensi menderita penyakit kritis seperti diabetes/jantung bila orang tuanya pernah mengidap penyakit tersebut. Guna melindungi diri dari penyakit-penyakit tersebut, ada baiknya membeli asuransi penyakit kritis.

Baca Juga: Asuransi Bantu Keluarga Jadi Bahagia, Kok Bisa?

Ketahui kebutuhan untuk menentukan plan asuransi
Setelah mengetahui produk yang bakal dipilih, silakan pilih plan yang akan dipilih. Bila merasa nyaman dengan pengobatan di luar negeri, usahakan pilih plan asuransi kesehatan yang memberikan manfaat penggantian biaya pengobatan di luar negeri. Tentukan pula pilihan plan untuk kamar perawatan. Bila Anda menginginkan perawatan intensif, silakan pilih asuransi kesehatan dengan plan yang menawarkan kamar VIP/VVIP.  
 
Cek Asuransi Kesehatan yang sudah dimiliki
Karyawan kantoran dan sudah menjadi karyawan tetap biasanya sudah memiliki perlindungan kesehatan dari tempatnya bekerja atau minimal diproteksi BPJS Kesehatan. Bila asuransi kantor hanya memberikan perlindungan rawat jalan, sebaiknya beli asuransi kesehatan dari perusahaan swasta yang meng-cover perawatan rawat inap. Lalu bila pasangan tidak mendapatkan manfaat dari asuransi kantor Anda, silakan beli asuransi tambahan untuknya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Asuransi Kesehatan Murah untuk Keluarga

Pertimbangkan untuk menambahkan manfaat tambahan
Beberapa manfaat tambahan asuransi kesehatan yang dapat Anda pertimbangkan adalah manfaat rawat jalan, rawat gigi, no claim bonus dan sebagainya.
 
Pelajari manfaat dan pengecualian dalam buku polis
Cek manfaat dan pengecualian yang tercantum dalam buku polis. Pengecualian adalah risiko atau kejadian yang tidak mendapatkan perlindungan asuransi, misalnya riwayat kesehatan yang sudah terjadi sebelum memiliki pertanggungan asuransi atau kelainan bawaan.
 
Perhatikan besaran premi yang ditawarkan
Salah satu cara untuk mendapatkan asuransi terbaik adalah dengan memperhatikan besaran premi yang ditawarkan. Bandingkan besaran premi dengan manfaat yang ditawarkan. Anda juga harus menyesuaikan dengan pengeluaran keuangan keluarga sehingga premi yang Anda ambil tidak akan membebani. Biasanya, makin besar premi yang harus Anda bayarkan, makin besar pula manfaat asuransi yang bisa Anda dan keluarga dapatkan.

Pilih perusahaan asuransi tepercaya
Cek rekam jejak perusahaan asuransi yang akan dipilih. Usahakan pilih perusahaan asuransi yang sudah lama berdiri, , punya reputasi bagus dalam hal kemudahan proses klaim nasabah, serta profesionalitas agen pemasaran dan customer service.

Butuh bantuan ?