Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Berapa Premi Asuransi Kesehatan Bila Sudah Ada Penyakit?

20 November 2023



Biaya kesehatan terus meningkat setiap tahun. Biaya yang dikeluarkan bahkan bisa berjumlah ratusan juta hingga miliaran Rupiah untuk penyakit-penyakit berat seperti kanker atau jantung. Untuk menyiasati problem itu, sebaiknya pertimbangkan memiliki asuransi penyakit kritis. Tujuannya, kesehatan Anda terlindungi dan finansial tetap aman karena biaya pengobatan sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Baca Juga
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan
Kenapa Klaim Asuransi Ditolak?
Cari Tahu Cara Mengajukan Klaim

Namun bagaimana bila ingin membeli asuransi kesehatan atau asuransi penyakit kritis, Anda sudah memiliki penyakit tertentu sebelumnya? Jangan terburu putus asa. Memang, ada proses panjang yang harus dilewati dan biaya tambahan untuk bisa mendapatkan asuransi kesehatan. Namun, kans mendapatkan asuransi kesehatan tetap ada. Biasanya, premi asuransi kesehatan yang harus Anda bayar lebih besar dibanding calon nasabah yang masih dalam kondisi sehat atau belum memiliki penyakit sebelumnya.

Untuk Anda yang sudah memiliki penyakit sebelumnya (pre-existing condition/PEC), ada beberapa perusahaan asuransi yang masih bisa memproses pengajuan asuransi Anda. Umumnya, berikut ini beberapa jenis respons perusahaan asuransi ketika mendapatkan pengajuan asuransi dari calon nasabah yang sudah memiliki penyakit tertentu sebelumnya.

-    Menerima pengajuan asuransi
Perusahaan asuransi menerima pengajuan asuransi tanpa syarat khusus. Hal ini terjadi bila penyakit yang Anda derita sebelumnya dianggap penyakit ringan yang tidak memberikan dampak lanjutan pada masa depan. Premi asuransi kesehatan Anda juga berpotensi tak jauh berbeda dengan yang masih sehat.

Baca Juga
Jangan Ikut-ikutan Tetangga, Berasuransi karena Memang Butuh
Tunda Komplain di Medsos, Pelajari Prosedur Klaim Asuransi
Premi Asuransi Bayar Bulanan atau Tahunan, Pilih yang Mana?

-    Menerima dengan Pengecualian (Exception)
Perusahaan asuransi bisa menerima pengajuan asuransi Anda dengan pengecualian tertentu. Ini artinya, Anda akan mendapatkan perlindungan asuransi tapi untuk penyakit yang sudah diderita tidak akan ditanggung. Misal, Anda sudah memiliki penyakit lambung ketika mengajukan asuransi. Nantinya, penyakit tersebut tidak akan ditanggung oleh asuransi kesehatan bila Anda melakukan klaim. Premi asuransi kesehatan yang akan Anda dapatkan biasanya juga dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, gaya hidup, tinggi dan berat badan, dan lain sebagainya.

-    Menanggung dengan syarat tertentu (Sub Standard)
Hal ini berarti perusahaan asuransi menerima pengajuan asuransi Anda, termasuk memberikan proteksi atas penyakit yang sudah pernah diderita sebelumnya. Tetapi premi asuransi kesehatan yang diberikan biasanya lebih mahal daripada kondisi tanpa PEC.  

-    Menolak permohonan asuransi
Biasanya akan ditolak ketika perusahaan asuransi menilai penyakit yang Anda derita sebelumnya sulit untuk ditanggung risikonya. Biasanya penolakan terjadi bila seseorang pernah menderita penyakit kritis.

Jadi, untuk Anda yang sudah memiliki penyakit sebelumnya yang bukan merupakan penyakit kritis, Anda dapat mencoba melakukan pengajuan perlindungan asuransi. Anda bisa menghubungi agen asuransi Sequis melalui fitur Find Agent pada website Sequis, www.sequis.co.id. Bila ada pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com. setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?