Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Ampuh Agar Tidak Jadi Korban Penipuan Asuransi

12 Agustus 2022


Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa semakin diminati oleh masyarakat


Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa semakin diminati oleh masyarakat. Kebetulan, keduanya memiliki manfaat yang sangat penting untuk melindungi kesehatan finansial nasabah. Peran asuransi makin penting setelah adalah pandemi covid-19.

Meski begitu, ada saja oknum-oknum yang ingin memanfaatkan situasi ini. Sadar kepemilikan asuransi sangat penting, beberapa orang memutuskan untuk memanfaatkan momen tersebut untuk menjalankan modus penipuan dengan mengatasnamakan agen asuransi.

Agar Anda tidak menjadi korban oknum agen tak bertanggung jawab tersebut, ada baiknya menerapkan cara ampuh terhindar dari penipuan asuransi berikut ini:

Terdaftar di OJK
Pastikan perusahaan asuransi yang akan Anda pilih sudah terdaftar dan mendapat izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, usahakan telusuri rekam jejak perusahaan asuransi tersebut. Setidaknya dalam 1-5 tahun terakhir. Hindari perusahaan asuransi yang kerap mendapat sentimen buruk dari masyarakat serta sering masuk ke media massa nasional karena tersangkut berita tidak baik.

Baca Juga
4 Tips Atasi Rasa Cemas dan Stres karena Harus WFO
Hepatitis Akut Menyerang, Lindungi Keluarga dengan Asuransi
Asuransi Kesehatan Anak, Seperti Apa Cara Memilihnya?

Transparan
Perusahaan asuransi yang kredibel akan memberikan informasi secara detil kepada nasabahnya tentang produk-produk yang memang sesuai kebutuhan. Lalu, perusahaan asuransi tepercaya juga memperkerjakan agen-agen bersertifikasi. Dengan begitu, kompetensi mereka sudah terjamin.

Punya performa di atas rata-rata
Perusahaan asuransi yang tepercaya juga memiliki rasio solvabilitas yang tinggi sehingga  memiliki aset yang cukup untuk digunakan membayar kewajibannya. Dalam jasa proteksi, rasio ini lebih dikenal dengan istilah risk based capital (RBC) yang persyaratan minimalnya adalah 120% sehingga semakin besar semakin kuat keuangannya. Besarnya total asset perusahaan juga menunjukkan kekuatan finansial perusahaan. Semua ini bisa dilihat di website resmi perusahaan.

Baca Juga
Jenis Asuransi Kesehatan untuk Gaji Pas-Pasan
Pilih Produk Asuransi Kesehatan Murah yang Direkomendasikan
5 Pilihan Jenis Investasi untuk Pasangan Muda

Agen dan Customer Service yang lugas
perusahaan asuransi kredibel sudah sepatutnya bisa menjawab semua kebutuhan dan memberikan solusi bagi calon nasabah. Dalam artian, semua keperluan calon nasabah bisa dijawab dengan rinci oleh agen atau National Service Centre perusahaan asuransi bersangkutan.

Berbekal etos kerja seperti itu, agen-agen perusahaan asuransi yang dituju juga seharusnya tidak memberikan/ menawarkan produk secara berlebihan. Jadi, Anda patut waspada bila bertemu dengan agen yang terlalu muluk memberikan janji atau memberikan produk dengan manfaat berlebihan namun dengan premi yang sangat rendah.

Punya beragam penghargaan dan mitra yang luas
Perusahaan asuransi tepercaya tentunya memiliki kredibilitas yang baik. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penghargaan yang diterima dan jangka waktu perusahaan tersebut melakukan bisnis di Indonesia. Perusahaan yang terdaftar di OJK sejak lama dan membukukan keuntungan tentunya memiliki jejak rekam dan reputasi yang baik.

Lalu, perusahaan penyelenggara proteksi yang dapat dipercaya pada umumnya telah menjalin kemitraan dengan fasilitas-fasilitas layanan kesehatan terkemuka di seluruh Indonesia sehingga para pemegang polis akan dimanjakan dengan berbagai pilihan klinik atau rumah sakit yang luas untuk berobat. Keterbatasan mitra seringkali ditemui di perusahaan asuransi yang baru saja didirikan atau perusahaan dengan perkembangan bisnis yang lambat.

Perusahaan asuransi menawarkan produk sesuai kebutuhan
Perusahaan asuransi kesehatan yang bagus selalu menawarkan manfaat sesuai dengan kebutuhan Anda. Seseorang dengan riwayat penyakit berat sudah pasti disarankan untuk memiliki asuransi penyakit kritis. Skenario lain, nasabah akan direkomendasikan produk dengan manfaat yang tepat serta premi yang sesuai bila ingin memiliki produk lain seperti asuransi jiwa, asuransi pendidikan, hingga dana pensiun. Intinya, perusahaan asuransi dan agen tepercaya selalu bisa melayani Anda sesuai dengan kebutuhan.

Baca Artikel Terkait

Butuh bantuan ?