Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Sesuai Kebutuhan

26 Oktober 2023


Calon nasabah wajib memahami manfaat dari asuransi yang bakal dibeli. Usahakan asuransi jiwa tersebut bisa melindungi finansial keluarga pada masa depan atau Uang Pertanggungan (UP) yang didapat bisa digunakan untuk biaya pendidikan anak.

Baca Juga: Serba-serbi Asuransi Jiwa Unit Link, Pahami Sebelum Beli

Itu hanya sebagian dari poin-poin penting yang wajib dicermati oleh calon nasabah sebelum membeli asuransi jiwa. Selain itu, calon nasabah juga harus memerhatikan komponen-komponen berikut ini bila ada niat untuk memiliki asuransi jiwa:

Sesuaikan Asuransi Jiwa Tersebut dengan Kemampuan Finansial
Sesuaikan produk asuransi jiwa yang akan dibeli dengan kemampuan finansial Anda. Intinya, usahakan agar biaya premi tidak mengganggu anggaran bulanan Anda. Pilihlah asuransi jiwa dengan  premi yang terjangkau namun memiliki manfaat yang diinginkan. Dalam teori perencanaan finansial, idealnya biaya premi tak lebih dari 20 persen dari pendapatan Anda.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Asuransi Jiwa Unit Link

Perhatikan Kredibilitas Perusahaan Asuransi yang dipilih
Perhatikan kredibilitas perusahaan asuransi yang akan dipilih. Usahakan memilih perusahaan dengan rekam jejak keuangan yang positif. Pastikan pula perusahaan asuransi yang akan Anda pilih tidak bermasalah di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kejaksaan. Lihat pula peringkat serta ratingnya. Perhatikan juga jumlah RBC (Risk Based Capital) perusahaan asuransi tersebut. Menurut OJK dan ketentuan pemerintah, perusahaan asuransi harus memiliki minimal punya rasio solvabilitas atau RBC (Risk Based Capital) sebesar 120%.

Baca Juga: Apa Itu Pertanggungan Payor Benefit di Asuransi Unit Link?

Fokus ke Manfaat Proteksi Bukan Investasi
Asuransi jiwa unit link memang menawarkan potensi keuntungan investasi. Namun, Sebaiknya fokus ke manfaat yang diterima dari asuransi jiwa/ asuransi unit link dan tentunya tidak mudah tergoda iming-iming hasil investasi besar. Justru, calon nasabah sebaiknya mencermati mengenai perlindungan asuransi yang dijanjikan, Uang Pertanggungan, kemudahan melakukan klaim hingga memastikan agen selalu aktif dan muda dihubungi.

Butuh bantuan ?