Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan, Mudah Banget!

10 Agustus 2023



Cara mengajukan klaim asuransi kesehatan dapat bervariasi tergantung perusahaan asuransi yang Anda pilih. Namun secara umum, ini adalah langkah-langkah klaim yang biasanya dilakukan:

Periksa Polis
Baca dengan teliti polis asuransi kesehatan Anda. Tujuannya agar Anda memahami persyaratan klaim, cakupan, dan batas waktu yang berlaku. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan klaim.

Dokumen yang Diperlukan
Siapkan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan klaim, yakni salinan polis asuransi, formulir klaim yang lengkap, bukti pengeluaran (seperti faktur rumah sakit, resep obat, dan kwitansi), dan rekam medis yang relevan.

Baca Juga: Prosedur Klaim Reimburse Asuransi Sequis

Hubungi Perusahaan Asuransi
Hubungi perusahaan asuransi kesehatan Anda untuk mengetahui prosedur pengajuan klaim. Mereka akan memberikan informasi tentang formulir klaim yang harus Anda isi dan dokumen yang harus Anda sertakan.

Isi Formulir Klaim
Isi formulir klaim dengan lengkap dan akurat. Pastikan Anda memberikan informasi yang diperlukan tentang diri Anda, diagnosis medis, perawatan yang diterima, dan biaya yang terkait.

Baca Juga: Klaim Ditolak, Apa Saja Jenis Penolakan Klaim Asuransi?

Kirim Klaim
Kirim formulir klaim dan dokumen pendukung ke perusahaan asuransi sesuai dengan instruksi yang diberikan. Pastikan Anda memiliki salinan lengkap untuk referensi Anda sendiri.

Pantau Proses Klaim
Pantau perkembangan klaim Anda dengan perusahaan asuransi. Bila ada kekurangan atau informasi tambahan yang diperlukan, segera berikan respons yang diminta untuk mempercepat proses klaim.

Baca Juga: Panduan Klaim Asuransi Kesehatan Anak

Pelajari Penolakan Klaim
Bila klaim Anda ditolak, pelajari alasan yang dikemukakan perusahaan asuransi dengan seksama. Bila Anda merasa klaim Anda telah ditolak secara tidak adil, Anda dapat mengajukan banding dan menghubungi perusahaan asuransi untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Butuh bantuan ?